Warga kampung tridarma wirajaya bergotong royong membangun rumah bagi keluarga miskin

Gotong Royong Membangunan Rumah Bagi Keluarga Miskin Berasal dari Swadaya Masyarakat (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Pemerintah Kampung Tridarma Wirajaya bersama warga selalu komitmen membangun Kampung di semua sektor. Sektor ekonomi, pendidikan seni dan budaya, olah raga dan sektor pertanian. Salah satu sektor yang sedang dikerjakan adalah pembangunan tempat tinggal bagi keluarga miskin. Tujuan dari pembangunan rumah yang bersumber dari swadaya murni masyarakat ini adalah untuk membantu warga miskin yang belum memiliki tempat tinggal dan menumbuh kembangkan rasa solidaritas sesasma warga yan tidak mampu. meningkatkan kesejahteraan dan mambantu meringankan beban kehidupan.

Pembangunan tempat tinggal yang berloasi di RT. 04 Suku 02 berupa rumah berukuran 4,8 M x 5,2 M, beratapkan asbes dan dinding GRC diperuntukan sdr. Cahya Sumirat.
Dana pembuatan rumah diperoleh dari donatur warga Kampung Tridarma Wirajaya yang dikumpulkan melalui kepala suku yang dipergunakan untuk pengadan bahan atap berupa asbes dan GRC, bahan kayu berasal sumbangan dari beberapa warga sedangkan tenaga kerja bearasal dar seluruh warga kampung bergotong royong yang di kepalai oleh Haryanto dan Adeng Sutisna.

Persiapan Lahan untuk mendirikan rumah Tampak Pj Kepala Kampung Saleh Basri (kanan). (dokumen desa.id – foto: badar)

Pekerjaan dimulai dari hari Minggu sampai berita ini diterbitkan sudah dua hari dan progres pembangunannya sudah mencapai 70%. Warga sangat antusias dari mulai pembersihan lahan sampai dengan pengatapan. Warga yang dihadiri langsung oleh Pj. Kepala Kampung Saleh Basri, SIP, Babinkantibmas dari TNI dan perangkat Kampung bersama-sama untuk menyelesaikan pembangunan rumah supaya cepat ditempati. Selain dari pembangunan rumah tempat tinggal dibangun juga dapur dan kamar mandi.

Semangat bergotongroyong dan sumbangsih selalu dilakukan oleh warga Tridarma Wirajaya kepada keluarga yang tidak mampu. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi Kampung Tridarma Wirajaya sejak dari Kampung berdiri. Kesadaran yang tumbuh untuk saling membatu dan rasa iba bagi keluarga yang tidak mampu yang bertahan sampai dengan sekarang.

Kerangka Rumah Yang Akan Dibangun. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat berserta perangkat kampung perlu untuk dipertahankan sebab dengan bergotongroyong dapat meringankan beban kehidupan bagi keluarga yang tidak mampu. Dan ini akan dipertahankan sebagi ciri dari kehidupan warga kampung Tridarma Wirajaya dan selalu membawa manfaat bagi yang keluarga yang tidak mampu.

badar/tdw

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan