Shalat ‘idul fitri masjid nurul jadid

Pelaksanaan Shalat 'Id di Masjid Nurul Jadid Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridrmawirajaya.desa.id | Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan dan merasakan keistimewaan ramadhan, seluruh umat islam di dunia akan merayakan hari besar yakni idul fitri . Idul fitri diartikan sebagai hari suci atau hari dimana umat islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Idul fitri atau yang biasa disebut dengan hari lebaran adalah salah satu momen yang ditunggu oleh umat islam baik di Indonesia atau di negara lain dan dirayakan pada tanggal 1 Syawal. Saat idul fitri kita melakukan satu ibadah yang hanya dilaksankana pada hari raya idul fitri saja yakni shalat idul fitri atau yang biasa disebut sebagai shalat id.

Masjid Nurul Jadid Setelah melakukan ibadah rukun islam yang keempat yaitu melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, maka warga Kampung Tridarma Wirajaya melaksanakan shalat idul Fitri di Masjid Nurul Jadid yang terletak di RW 03 Kampung Tridarma Wirajaya.

Jama’ah bapak-bapak dalam pelaksanaan shalat ‘Id (dokumen desa.id – foto : badar)

Tepat pukul tujuh Shalat ‘Idul Fitri dimulai yang bertugas sebagai imam adalah Sabaraudin, Khotib Abdul Hamid. Penuh sesak jamaah yang melakukan shalat idul fitri di Masjid Nurul Jadid. Jamaah berasal dari waraga RW. 03 dan 04 ditambah dengan warga yang pulan kampung .

Selain melakukan shalat ‘Id, disampaikan oleh khotib berupa ajakan dan himbauan agar jamaah harus bersabar jangan terpengaruh dengan berita-berita yang belum tentu kebenaranya. Selalu bersyukur dengan rezki yang diperoleh dan paling utama harus selalu mencontoh nabi Muhammad saw.

Jama’ah Shalat ‘Id (dokumen desa.id – foto : badar)

Setelah selasai khotib membacakan khutbah , maka jamaah tetap ditempat dengan berdiri dan saling berjabatan diiringi dengan bacaan shalawat dimulai dari barisan paling kanan jalan maju dan berputar dan berakhir di barisan paling belakang. Begitu seterusnya sampai habis di barisan belakang.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan