kunjungan tim pendamping desa ke kampung tridarma wirajaya

Kehadirana Pendamping Desa dari Kecamatan Banjar Agung di Kampung Tridarma Wirajaya Dalam Rangka Kegiatan Pembangunan Kampung. ( Sigit dan Yudi)

tridarmawirajaya.desa.idTujuan dari pendampingan adalah meningkatkan kapasitas,efektifitas dan akuntabilitas pemerintah desa dan pembangunan desa,selain itu meningkatkan prakarsa,kesadaran,dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa. Meningkatkan sinergi program pembangunan desa antar sektor,dan
Mengoptimalkan aset lokal desa secara emansipatoris. Secara keseluruhan tujuan pendamping desa ialah upaya memberdayakan masyarakat desa.

pendampingan tidak hanya membawa prinsip program di mana seseorang di tugaskan,akan tetapi pendampingan juga di bawa pada komitmen moral kepada masyarakat dalam seluruh kegiatan yang dilakukan.Sehingga tujuan utama dari menciptakan perubahan kondisi mentalitas dan kultur masyarakat,yang tercermin dalam perubahan kesadaran sebagai unjung tombak pendorong kemajuan bisa tercapai. Sehingga mutlak bahwa pendampingan sangat dibutuhkan, agar supaya pengembangan masyarakat tidak dilakukan hanya oleh aktor tunggal melainkan dengan melibatkan banyak aktor yang aktif dan partisipatif.

Pendamping Sedang Memeriksa Pembukuan, dari kiri, sigit, Yudi, Desi dan Oci (dokumen desa.id – foto : badar)

pendamping desa dan pendamping lokal ke Kampung Tridarma Wirajaya merupakan tindak lanjut dari tugas pendampingan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang berasal dari dana desa 20% tahap pertama. Kegiatan Pembangunan terdiri dari dua gorong-gorong dan satu titik sumur BOR.

Menurut Sigit pendamping teknis Kecamatan Banjar Agung, bahwa dana yang terserap serta realisasi bangunan sudah sesuai. Baik dalam pembukuanya ataupun proges fisik tinggal finising.Diharapkan dapat diselesaikan dengan cepat, sehingga dengan cepat pula untuk mengajukan dana desa 40% tahap kedua.

Desi dan Oci Sedang memeriksa pembukuan di Kantor Kampung. (dokumen desa.id – foto : badar)

Diharapkan pembangunan yang telah terlaksana dapat dimanfaatkan oleh warga semaksimal mungkin, terutama sumur BOR, karena airnya akan dimanfaatkan pula oleh warga di sekitarnya. Serta dua gorong-gorong yang dibangun di dua titik jalan produksi pertanian. Begitu pula pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahap kedua berupa drainase.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 414 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan