Ngabuburit kampung tridarma wirajaya

Perempatan Pasar Arah Masuk Kampung Tridarma Wirajaya, Tempat Mangkal dan Ngabuburit Warga. (dokumen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Ngabuburit istilah yang tenar dan sudah lama dikenal khususnya kalangan remaja di Kampung Tridarma Wirajaya. Bahasa ngabuburit sebenarnya berasal dari daerah jawa Barat dalam bahasa indonesia melakukan aktifitas santai (bukan aktivitas pekerjaan) dilakukan oleh perorangan, bersama-sama teman atau keluarga dapat berupa jalan santai, berkendaraan santai atau berkumpul disuatu tempat diwaktu sore hari sembari menunggu saat berbuka puasa sehingga istilah ngabuburit hanya berlaku di bulan puasa saja

Ngabuburit dilakukan oleh earga Kampung Tridarma Wirajaya, cukup naik kendaraan roda dua beserta anak dan istri keliling kampung atau hanya bolak balik melewati jalan poros Kmaung. Jka dilihat memang sederahan tetapi cukup bahagia. Senyum dan ceria anak-anak tampak jelas diraut wajahnya. Setelah lelah berkendaraa

Suasana Ngabuburit dekat Alfamart. (dokumen desa.id – foto : badar)

Tempat faforit bagi warga untuk ngabuburit adalah perempatan bu Meny. Disamping tempat untuk mangkal warga karena ada berjualan bakso bakar, lontong sayur, dan es tebu. Kedua di perempatan Masjid Al-Falah selain tempat mangkal ada juga yang berjualan gorengan, berbagai minuman es dan bakso bakar. Terakhir yang paling ramai adalah perempatan pasar pintu masuk kampung Tridarma Wirajaya dan alfarmat. Selain tempat yang strategis banyak yang berjualan persiapan buka puasa, seperti gorengan, bakso bakar, aneka es buah dan sate.

Sebelum bedug maghrib berbunyi warga yang berkeliling berkendaraan ngabuburit sudah menuju arah pulang ke rumahnya masing-masing. Mempersiapkan untuk berbuka dengan hidangan yang telah dipersiapkan dan jajanan atau makanan yang di dapat dari ngabuburit. Nampak lega dan ada kepuasan tersendiri bagi warga Tridarma Wirajaya.

Tempat penjualan aneka es dan bakso bakar. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan kegiatan yang dilakukan oleh warga satu tahun sekali di bulan puasa
ramadhan menjadikan Kampung Tridarma Wirajaya tambah semarak. Menjadikan Kampung Tridarma Wirajaya bagaikan suasana kota yang sibuk lalulalang kendaraan bermotor. Itulah suasana ngabuburit ala Kampung Tridarma Wirajaya.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan