Masjid jami’ al-falah adakan Punggahan dan takiran Menyambut bulan ramadhan

Do'a Bersama Di Masjid Jami'Al-Falah Dalam Rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan. (dokumen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Banyak cara yang dilakukan oleh warga Kampung Tridarma Wirajaya dalam menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Cara itu dapat berupa membersihkan lingkungan makam dari rumput liar, gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal bahkan ada yang melakukan Yasinan dan Tahlil. Salah satu acara dalam menyambut bulan suci ramadhan bagi takmir Masjid Al-Falah adalah melalkukan Yasinan dan Tahlilan yang dilakukan di masjid Jami’ Al-Falah yang biasa disebut dengan “munggahan dan takiran”.

Pengajian berupa yasinan dan tahlil merupakan prakarsa takmir Masjid Al-Falah, Ky Abdullah Nawawi. Tujuannya supaya kita siap secra mental dalam menghadapi kedatangan bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh keistimewaan bagi umat islam. Disamping itu kita berdo’a bersama untuk orang tua dan handai tolan yan telah meninggalkan kita. Dengan harapan mudah-muahan dengan do’a kita dapat meringankan siksa kubur dan mudah-mudahan diterima semua amal kebaikanya.

Jama’ah Bapak=Bapak Dalam Acara Punggahan.(dokumen desa,id – foto : badar)

Pengajian ini biasa dikenal dengan nama “Punggahan” dalam pengertian persiapan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan supaya tidak ada halangan dan di lancarkan dalam menjalankan ibadah puasa. Dalam punggahan biasanya jama’ah membawa takir, yaitu nasi dan lauk pauk ada dalam satu wadah kecil yang terbuat dari daun pisang. Takir dibagikan kepada jama’ah satu persatu kemudian nasi dalam takir dimakan bersama setelah acara selesai.

Dalam acara punggahan jama’ah membaca surah yasin dan tahlil yang dipimpin oleh salah satu Ustad. Selesai membaca surah yasin dan tahlil dilanjutkan tausiyah tentang himah bulan ramadhon dan ditutup dengan do’a oleh Ky Abdullah Nawawi. Dilanjukan dengan menikmati hidangan yang dibawa oleh jama’ah berupa takir.

Jama’ah Ibu-Ibu Dalam Acara Punggahan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan menjelang satu atau dua hari dimulainya puasa di bulan Ramadhan. Dikikuti oleh jama’ah di sekitar Masjid baik anak-anak, Bapak-bapak dan ibu-ibu. Dengan harapan ibadah puasa yang akan dijalani tidak ada halangan berjalan lancar. Begitu juga dengan ahli kubur dengan do’a yang dipanjatkan akan diringankan siksa kuburnya, diterima amal ibadahnya dan dilanggengkan nikmat kuburnya.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan