Kegiatan tk taruna widya tama hari jum’at

TK Taruna Widya Tama Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung.(dokumendesa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Tugas yang diemban sebagai guru di Taman Kanak-Kanak memang cukup berat. Sebab dituntut untuk mengajarkan pembelajaran dengan permainan. Dengantujuan melalui pendekatan bermain, anak-anak dapat mengembangkan aspek psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni. Pada prinsipnya bermain mengandung makna yang menyenangkan, mengasikkan, tanpa ada paksaan dari luar diri anak, dan lebih mementingkan proses mengeksplorasi potensi diri daripada hasil akhir. Pendekatan bermain sebagai metode pembelajaran di TK hendaknya disesuaikan dengan perkembangan usia dan kemampuan anak didik, yaitu secara berangsur-angsur dikembangkan dari bermain sambil belajar (unsur bermain lebih dominan) menjadi belajar seraya bermain (unsur belajar mulai dominan). Dengan demikian anak didik tidak merasa canggung menghadapi pendekatan pembelajaran pada jenjang.

TK Taruna Widiya Tama Sedang Senam Bersama. (dokumen desa.id – foto : badar)

Taman Kanak-Kanak Taruna Widiya Tama Kampung Tridarma Wirajaya mengadakan senam bersama anak-anak dan ibu guru. Kegiatan senam dilakukan setiap hari Jum’at pagi sebelum kegiatn lainya dimulai. Dilakukan bersama anak-anak supaya badan menjadi bugar dan sehat. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jum’at merupakan kurikulum TK Taruna Widiya Tama. Setiap gerakanya diiringi dengan lagu-lagu supaya anak-anak menjadi tertarik dan riang gembira walapun terkadang kacau barisanya sudah tidak lurus lagi. Dan ini disadari oleh ibu guru karena dunia anak adalah dunia bermain.

Selain senam bersama dilakukan bersih-bersih lingkungan.dimulai dari halaman depan sekolah, samping kanan dan kiri. Dipimpin langsung oleh bu guru. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelajaran kepada anak tentang kepedulian lingkungan, lingkunan harus bersih dan rapih. Kegiatan ini disambut dengan riang gembira oleh anak-anak. Kebersihan lingkungan memungut sampah bekas kemudian di bakar langsung, karena sampah berupa sampah plastik bekas jajanan anak-anak.

Salah Satu bu Guru Dalam Membersihkan Sampah di Halaman TK.(dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan bersih-bersih lingkungan secara menyeluruh, di lingkungan sekolah dan ruangan kelas dikarenakan TK akan libur sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan. Selama berlibur anak-anak untuk bermain dan belajar di rumah, bakan ada yang akan berlibur ke rumah kakek dan neneknya.

Dengan berbagai kegiatan menjelang libur di TK Taruna Widiya Tama berupa permainan, senam dan belajar merupakan upaya dari Ibu guru guna meningkatkan keterampilan dan kecerdasan anak. Shingga endingnya menjadikan anak yang cerdas patuh terhadap guru dan orang tua. Karena merupakan pondasi bagi anak untuk belajar di jenjang selanjutnya.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 414 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan