DR akhmad sunaryo, m.si, buka pelatihan siskeudes dan sipades di novotel

Pembukaan Pelatihan Siskeudes dan Sipades di Novotel (dokumen desa,id -foto : viko)

tridarmawirajaya.desa.id | Beberapa tahun pasca implementasi Undang-Undang Desa terdapat jumlah keberhasilan pembangunan di samping terdapat permasalahan dan tantangan. Permasalahan utama dalam pengelolaan aset desa diantaranya adalah telah banyak aset desa, baik barang yang diperoleh dari realisasi APBDes dan hibah/bantuan dan kekayaan asli desa di administrasikan secara tertib. Sehingga belum maksimalnya dayaguna aset dalam meningkatkan pendapatan asli desa yang sangat bermanfaat bagi kesejahteraaan perangkat desa dan masyarakat desa.

Peserta pelatihan Siskeudes dan Sipades pada Acara Pembukaan.(dokumen desa.id-foto : viko)

“Permasalahan tersebut tentunya akan dapat diminimalisir apabila didukung oleh kapasitas perangkat desa yang berkualitas dalam mengeloloa keuangan desa dan aset desa, mulai perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan pelaporan. Hal ini disebabkan karena kompetensi perangkat desa merupakan faktor kruasial yang memperangaruhi keberhasilan implementasi Undang-Undang dalam hal pengelolaaan keungan dan aset desa, sehingga perlu adanya pelatihan khusus pengelolaan keuangan desa dan aset desa berbasis aplikasi yang dikeluarkan oleh kementrian dalam negeri terkait perangkat pemerintahan desa yang mengelola keuangan dan aset desa berdasarkan azas kepentingan umum, fungsional, kepastian hukum, transparasi dan keterbukaan, efesiensi, efektivitas, akuntabilitas,dan kepastian nilai ekonomi yang bertujuan seluas-luasnya untuk meningkatakn kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa.” Demikian Sambutan Bupati TulangBawang yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, DR. Akhmad Sunaryo, M.Si.

Tampak Bapak DR. Ahmad Suharyo, M.Si Dalam AcaraPembukaan Pelatihan Siskeudes dan Sipades (dokumen desa.id – foto :viko)

Dalam implementasi itu, maka Kabupaten Tulang melalaui Apdesi dan DPMK/K mengadakan pelatihan Siskeudes dan Sipades di hotel Novotel Bandar Lampung yang diikuti oleh seluruh Kampung yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Pelatiahn ini bertujuan meningkatkan kapasitas perangkat Kampung dalam mengelola keuangan Kampung dan aset kampung yang akuntabilitas dan transparan melalui sebuah sitem aplikasi, sistem informasi pengelolaan keuangan desa (siskeudes) dan aset desa (sipades) sebagai alat bantu secara komputerisasi mulai dari perencanan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan dan pelaporan.

Pelatihan Siskeudes dan Sipades rencananya berlangsung dari tanggal 30 April sampai dengan 03 Mei 2019. Pelatiah dibuka pukul 19.30 WIB oleh Aisten Bidang Pemerintahan dan Kesejah teranaan DR. Akhmad Suharyo, M.Si. Hadir dalam acara pembukaan Kepolisan Daerah Provinsi Lampung, Kepala Balai Pemerintahan Desa Provinsi Lampung, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tulang Bawang, Kepala Disnas PMK/K Kabupaten Tulang Bawang dan Ketua Apdesi Kabupaten Tulang Bawang, Bambang Sumantri.

Dengan pelatihan ini diharapkan perangkat Kampung dapat memahami dan mengimplementasikan aplikasi berbasis informasi yaitu pengelolaan keuangan Kampung dan aset Kampung, sehingga tansparasi dan keterbukaan efesiensi, aktifitas dan akuntabilitas dapat dipertanggungjawabkan.

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan