kampung tridarma wirajaya adakan posyandu balita

Kegiatan Posyandu Balita Kampung Tridarma Wirajaya Bulan April 2019. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id| Kegiatan Pelayanan terpadu yang biasa disebut Posyandu merupakan salah satu program prioritas Kampung dalam upaya meningkatkan kesehatan bagi ibu dan anak di bawah usia lima tahun. Kampung Tridarma Wirajaya dalam Anggaran Belanja Kampung Tahun 2019 memberikan uang lelah kepada kader-kader posyandu. Uang lelah yang diberikan sesuai dengan kemampuan keuangan kampung sebagi bukti yang serius dalam penanganan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, sehingga sejak dini untuk diperhatikan dan ditangani.

Untuk itu Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Dahlia Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, telah melakukan kegiatan rutin bulanan berupa pelayanan imunisasi, tambahan makanan sehat, timbangan bagi anak usia di bawah lima tahun. Kegiatan tersebut di laksanakan setiap tanggal dua belas. dengan tujuan untuk memberikan pelayanan supaya anak menjadi kebal terhadap penyakit dan terdeteksi sedini mungkin jika ada bibit penyakit.

Peserta Posyandu berada di halaman (dokumen desa.id – foto : badar)

Dinamakan poyandu dikarenakan melayani berbagai kegiatan, diantaranya penimbangan anak yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan berat badan pada anak. Pemberian Imunisasi, pada aitem ini pemberian imunisasi tergantung dari usia anak. Untuk anak usia 0-7 hari diberi imunisasi HBO, Usia 1 bulan diberi imunisasi BCG dan Polio 1. Usia 2 bulan sampai dengansembilan bulan diberi imunisasi DPT, H,HB-Hib 1,2,3 dan Polio 1,2 dan tiga. Sedangkan uisa anak di atas sembilan bulan diberi imunisasi Campak, DPT-HB-Hib.

Disampaikan juga oleh bidan desa Hernawati, HB tentang pengertian dari imunisasi. Bahwa imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang.Imunisasi berasal dari kata imun yang berarti kebal atau resisten.Oleh karena itu kepada ibu-ibu yang memiliki anak di balita supaya mengikuti posyandu di Kampung Tridarma Wirajaya.

Anak sehat dan Ceria Berkat Posyandu Dahlia. (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain penyampaian pentingnya imunisasi disampaikan juga kepada ibu-ibu yang memiliki bayi di bawah usia enam bulan untuk tidak memberikan jenis makanan apapun, kecuali ASI. Karena dalam dua minggu ada bayi yang muntah-muntah dan berak-berak terus, dikarenakan diberikan asupan makanan oleh ibunya, dengan alasan anak tidak kenyang dengan ASI.

Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya akan memberikan kekebalan atau resistensi pada penyakit itu saja, sehingga untuk terhindar dari penyakit lain diperlukan imunisasi lainnya .Imunisasi adalah usaha memberikan kekebalan kepada bayi dan anak dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh agar tubuh membuat zat anti bodi untuk mencegah terhadap penyakit tertentu.

Ni Putu Beserta Putra Kesayangan Mengikuti Posyandu. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Kesadaran tentang pemberian imunisasi pada anak balita di posyandu dahlia sudah cukup maju. Hal ini dapat dilihat di buku pendaftaran, bahwa setiap kegiatan tidak kurang dari 60 peserta dalam setiap kegiatan. Ibu-ibupun sangat berantusias karena termotivasi bayi yang sehat, bayi yang selalu aktif karena sehat. Dengan demikian harapan untuk imunisasi lengkap sudah tidak khawatirkan. Anak-anak menjadi sehat dan cerdas jauh dari penyakit.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan