kampung tridarma wirajaya dibagikan rastra maret 2019

Pembagian Rastra Oleh PSM dan TKSK di Aula Balai Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Salah satu program yang diadakan pemerintah dalam usaha pengetasan kemiskinan yakni program beras sejahtera (Rastra). Menurut Pedoman Umum Rastra 2017, program Rastra merupkan implementasi dari Instruksi Presiden tentang kebijakan Pemberasan Nasional. Presiden menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga pemerintah non Kementerian tertentu, serta Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pendapatan petani, ketahanan pangan,pengembangan ekonomi perdesaan dan stabilitas ekonomi nasional.

Kemiskinan pada umumnya didefinisikan dari segi ekonomi, khususnya pendapatan dalam bentuk uang ditambah dengan keuntungan-keuntungan non-material yang diterima oleh sesorang. Namun demikian, secara luas juga kerap didefinisikan sebagai kondisi yang ditandai oleh serba kekurangan pendidikan, keadaan kesehatan yang buruk, dan kekurangan transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ibu-Ibu Calon Penerima Rastra Bulan Maret 2019. (dokumen desa.id – foto : badar)

Sebagai implementasi program pemerintah. Kampung Tridarma Wirajaya beserta Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan TKSK Kecamatan Banjar Agung Rismayanti, mendistribusikan rastra bulan Maret 2019 kepada 126 keluarga yang tersebar di seluruh Kampung Tridarma Wirajaya. Rastra dibagikan serentak di ruang balai Kampung Tridarma Wirajaya. yang dihadiri calon penerima, Kepala suku dan ketua RT.

Rastra yang diterimakan oleh keluarga miskin bulan Maret hanya 10 Kg atau satu kantong, Berbeda dengan bulan sebelumya diterimakan dua bulan, yaitu 20 Kg. Pembagian pada bulan ini tidak ada perubahan, kecuali dalam pengambilan yang diwakilkan kepada anak atau orang tuanya, dikarenakan sakit atau berhalangan.

Rismayanti TKSK Kecamatan Banjar Agung Turut Hadir dalam Pembagian Rastra. (dokumen desa.id – foto : badar)

Pembagian rastra cukup tertib. Semua calon penerima berkumpul di balai kampung sejumlah 126 KK. setelah berkumpul dipangil satu persatu sesuai dengan Suku terendah, yaitu suku 01 berurutan sampai dengan suku 04. Penerima dipanggil bergantian untuk menyerahkan foto copy Kartu Keluarga dan menandatngani tanda terima beras rastra.

(badar/tdw).

Facebook Comments
About Badar 414 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan