Ternyata pengusaha kerupuk keramba itu cak fuad

Tim Monitoring dan Evaluasi Berkunjung ke Tempat Bapak Fuad Pengusaha Kerupuk Keramba. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya ternyata banyak menyimpan potensi, baik potensi sumber daya alam ataupun sumber daya manusia. Hal ini banyak diketahui setelah bermunculan berbagai jenis usaha milik warga Kampung Tridarma Wirajaya. Seperti usaha kerupuk keramba milik cak Fuad yang nama aslinya adalah Chairul Fuad.

Untuk menuju ke tempat usaha kerupuk cak Fuad tidak terlalu sulit, karena letaknya di pinggir jalan Poros Kampung, empat ratus meter arah Timur dari perempatan pasar kampung Tridarma Wirajaya tepatnya di RT. 04 Suku 03 Kampung Tridarma Wirajaya.

Kerupuk Mentah yang Masih Dijemur. (dokumen desa.id – foto : badar)

Produksi kerupuk keramba milik cak Fuad sudah lama diproduksi, tetapi terkadang berhenti. Hal ini dikarenakan kekurangan tenaga dan modal usaha. Mengenai pemasaran tidak ada masalah, bahkan sudah menjangkau di Kecamatan Banjar margo, Kecamatan Meraksa Aji, Kecamatan Rawa Pitu dan Kecamatan “Saya sudah punya langganan di berbagai Kecamatan, untuk pemasaran tidak ada masalah karena rasanya enak dan gurih serta kualitas baik alami tanpa bahan kimia” kata cak Fuad.

Dalam satu siklus produksi sudah menghabiskan bahan baku tepung tapioka satu kwintal. Sebenarnya dapat lebih satu kwintal, tetapi tenaga dan modalnya yang serba terbatas. Semua dikerjakan sendiri terkadang dibantu oleh istri tercintanya Aisyah. “Untuk sementara semua sayakerjakan sendiri, dari mebuat adonan, mengukus. menjemur sampai pengepakan” Ujarnya.

Kerupuk Yang Sudah di Goreng. (dokumen desa.-id – foto : Badar)

Karena saya orang lama dalam memproduksi kerupuk , maka dalam pemasaran tidak mengalami masalah. Kerupauk yang dibuat oleh cak Fuad dipasarkan di wilayah Kecamatan Banjar Agung, yaitu Kecamatan Banjar Margo, Kecamatan Meraksa Aji, Penawar Aji sampai ke Rawa Pitu. Sebenarnya dengan memproduksi kerupuk lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tani kebun, walaupun semua dikerjakan sendiri.

Dengan bermunculan berbagai usaha yang dilakukan oleh warga, maka Pemerinahan Kampung Tridarma Wirajaya sangat merespon kegitan tersebut. Sebagai keseriusan pihak pemerintah kampung Menganggarkan melalui BUMKAM untuk membantu permodalan usaha. Si sampin iut mengharap ke dinas terkait untuk memberikan binaan, pelatihan dan modal usaha sesuai dengan 25 program bupati Tulang Bawang. Sehingga warga merasa diperhatikan dan dapat meningkatkan kehidupan yang sejahtera.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan