Kegiatan kwt mekar tani kampung tridarma wirajaya bulan maret 2019

Kegiatan Ibu-Ibu KWT Mekar Tani Memasukan Tanah Ke Polybac kecil Sebagai Media Bibit. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung dalam membangun Kampung bidang pemberdayan masyarakat dapat melalui berbagai cara. Salah satu cara melalui wadah Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” yang beralamatkan di RT. 02 Suku 04 di ketuai oleh Jamilatun.

Kegiatan Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” bulan Maret 2019 adalah mempersiapkan media semai yaitu memasukan tanah yang telah dicampur dengan kompos ke wadah plastik ukuran kecil yang berfungsi sebagai tempat meletakan benih, yang akan tumbuh menjadi bibit dan akan di tanam

Lahan demplot ditanamai ubi jalar (dokumen desa.id -foto : badar)

Selain mempersiapkanan media semai, ibu-ibu KWT menanam ubi jalar di kebun demplot milik kelompok. Lahan yang ditanami ubi jalar tidak terlalu lebar memanfaatkan lahan bekas tanaman terong dan kacang panjang. Penanaman ubi jalar itu direncanakan akan dipanen pada bulan puasa yang pengunaanya akan digunakan untuk membuat jajanan.

Untuk menambah semangat berkumpul dan bertukar wawasan khususnya bidang pertanian, maka ibu-ibu KWT mengadakan arisan berupa beras dan uang. “Arisan ini berupa beras 0,5 Kg dan uang Sejumlah Rp 5.000. (lima ribu rupiah), ini hanya sebagai penyemangat saja” Kata Jamilatun Ketua KWT Mekar Tani. “Yang paling utama adalah mengelola kebun demplot sebagai pembelajaran dan peningkatan pendapatan kelompok.” lanjutnya.

Kolam lele milik Ibu Jamilatun (dokumen desa.id – foto : badar)

Tanaman Cabai Rawit dan Terong Milik Anggota KWT Mekar Tani. (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain Kegiatan kelompok di rumah bibit dan kebun demplot, anggota KWT mengelola dan memanfaatkan kebun pekarangan di sekitar rumah masing-,masing anggota. Kawasan Rumah pangan Lestari yang disebut dengan KRPL berupa tanaman daun bawang, cabai rawit, terong dan kolam ikan. Semua itu bertujuan untk memenuhi kebutuhan rumah tangga di samping untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan