Tim monitoring dan evaluasi kabupaten tulang bawang kunjungi kampung tridarma wirajaya

Tim Monitoring dan Evaluasi Berkunjung ke Tempat Bapak Fuad Pengusaha Kerupuk Keramba. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Tulang Bawang, yaitu Terwujudnya Kabupaten Tulang Bawang yang Aman, Mandiri dan Sejahtera. Sedangkan untuk mendukung visi itu terkandung dalam misia, diantaranya Meningkatkan penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang berkualitas, bersih dan transparan untuk meningkatkan daya saing daerah, sinergitas wilayah dan berkembangnya kampung Sejahtera mandiri.

Untuk mendorong dan tercapainya visi dan misi yang dikemas dalam 25 program unggulan Bupati, Setiap hari Rabu Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Tulang Bawang melakukukan monitorong dan Evaluasi dua puluh lima program Bergerak Melayani Warga (BMW) Bupati Tulang Bawang Hajah Winarti, SE. MM. Dengan tujuan untuk mengenali masalah – masalah yang timbul di Kampung dengan adanya dua puluh Program Unggulan Bergerak Melayani Warga (BMW).

Kunjungan ke Tobong bata dan Genteng . (dokumen desa.id – foto : badar)

Kunjungan kali ini dipim oleh Bapak Diky beserta rombongan terdiri dari tiga orang. Apakah masih ada kendala yang dirasakan oleh masyarakat kaitanya dengan program unggulan Bupati. Setelah diadakan beberapa pertanyaan kepada perangkat Kampung dan Warga ternyata program sudah berjalan sesuai dengan harapan. Seperti pemberian santunan kepada lansia, santunan kematian, insentif guru ngaji dan malbord, penerangan lampu jalan.

Selain monitoring dan Evaluasi Tim mengunungi langsung tempat usaha warga kampung Tridarma Wirajaya. Jenis usaha yang dikunjungi adalah tempat pembuatan batu bata bolong dan genteng, pembuatan kerupuk keramba, pembuatan instalase dari almunium, dan jenis usaha budi daya jamur Tiram.

Kunjungan ke Pengrajin instalase almunium. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dari beberapa tempat yang dikunjunga Diky dan teman-teman cukup merasa terpana, bahwa di Kampung Tridarma ternyata ada warga yang memiliki usaha selain bertani dan berkebun. Dari kunjunganya Tim selalu menemui jawaban yang sama, yaitu perlu adanya suntikan modal untuk mendukung usaha, dan hal itu sudah di rencanakan dan dirumuskan dalam RABKam, bahwa “Bumdes akan menyediakan dana untuk kegiatan dimaksud. Tetapi jika mengandalkan modal dari Bumdes tidaklah cukup.” sambut salah satu perangkat kampung. “Harus ada perhatian dan suntikan dana dari pemerintah selaku pemegang kebijakan.” lanjutnya.

>Kunjungan ke Petani Jamur Tiram (dokumen desa.id – foto : badar)

Setalah mengunjungi beberapa tempat usaha, ada salah satu pelaku usaha selalu berharap adanya perhatian dari pemerintah, terutama pada budidaya jamur tiram milik Purwanto Hs. Harapan dari Purwanto adalah adanya pelatihan-pelatihan yang didakan pemerintah Kabupaten atau Provinsi tentang peningkatan kapasitans pada petani jamur tiram. Dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penghasilan pada budidaya jamur tiram.

Dengan adanya rutinitas monitoring dan Evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang merupakan perpanjangan tangan dari Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE. MM Dua puluh lima program BMW berjalan sesuai dengan harapan tidak ada kendala di masyarakat dan masyarakat dapat menikmati. Serta menjadikan masyarakat sejahtera seasuai dengn visi dan misi Kabupaten Tulang Bawang.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan