kelompok wanita tani kampung tridarma wirajaya

Ibu-Ibu KWT Kampung Tridarma Wirajaya Sedang Mengolah Tanah Persiapan Tanam Ubi Rambat di Kebun Demplot. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kelompok wanita tani MEKAR TANI atau disingkat dengan KWT merupakan kumpulan para wanita tani yang berada di Kampung Tridarma Wirajaya yang beranggotakan istri-istri dari petani yang ingin mempunyai kegiatan lain selain bertani.

Kegiatan wanita tani Mekar Tani ini berupa pemberdayaan wanita tani dilingkungan Suku 04 sealin bergerak dibidang pertanian bergerak pula olahan hasil pertanian yakni seperti olahan masakan dan kerajinan dari bahan baku hasil pertanian , di samping itu peningkatan pemahaman dari segi administrasi .

Ibu-Ibu KWT Sedang mempersiapkan Lahan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Kelompok wanita tani Mekar Tani sekarang ini mempunyai program berupa KRPL atau singkatan dari kawasan rumah pangan lestari, KRPL ini secara penuh dikelola oleh kelompok yang didalamnya meliputi pengelolaan administrasi, pengelolaan rumah bibit atau pengelolaan tanaman yang bisa membantu dalam sektor ekonomi anggota.

Pemerintah berupaya menggerakkan kembali budaya menanam di lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Untuk itu Kementerian Pertanian telah menyusun suatu konsep yang disebut dengan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan pangan dan mewujudkan kemandirian pangan.

Ibu-Ibu KWT Sedang Melakukan Penanaman Ubi Rambat. (dokumen desa.id – foto : badar)

Prinsipnya adalah pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat.
Dalam rumah pangan, pekarangan dimanfaatkan secara optimal untuk budidaya tanaman pangan, buah dan sayuran serta tanaman obat keluarga (toga). Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk pemeliharaan ternak dan ikan serta pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos. Ternak yang dikembangkan dalam sebuah rumah bisa berupa ayam, kambing serta perikanan lele.

Tujuan dari pengembangan rumah pangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengembangkan ekonomi produktif dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. Melalui pengembangan KRPL tersebut selain untuk kebutuhan anggota juga untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi warga.

Keberadaan KWT Mekar Tani merupakan jawaban dari kelompok wanita tani yang bergerak dalam bidang pertanian, untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi anggota. Untuk itu berbagai kegiatan telah dilakukan di bulan Maret 2019. Kegiatan itu diantaranya penyediaan lahan untuk ditanam ubi rambat di kebun demplot sebagai persiapan pengolahan bahan makanan di bulan Mei.

Ibu-Ibu KWT Sedang Melakukan Arisan (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain wahana untuk berkumpul dan berinovatif KWT Mekar Tani mengadakan arisan yang di ikuti oleh semua anggotanya. Arisan yang dikocok setiap hari Jum’at berupa beras seperempat kilo gram dan uang lima ribu rupiah per anggota. Bukan beras dan uang semata tetapi untuk memcau semangat ibu-ibu dalam menyambung emosional antar anggota.

Dengan engen pemberdayaan kelompok wanita tani atau KWT ini diharapkan para wanita tani bisa menambah wawasan dan tentunya membantu kesejahteraan keluarga tani khusunya dan disekitar daerah tersebut. Sehingga terjalin tali persaudaraan yang kuat saling berbagi dalam meningkatkan kualitas keluarga dan lingkungan KWT.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 408 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan