Posyandu bumil bulan maret 2019

Petugas Kesehatan, Bidan Desa dan Kader Posyandu Beserta Ibu-Ibu Hamil Dalam Posyandu Bumil di Gedung Posyandu Dahlia Kampung Tridrma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridrmawirajaya.desa.id | Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat. Yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Dalam upaya ikut serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kampung Tridarma Wirajaya bersama dengan Puskemas Tulang Bawang 1 mengadakan pelayanan terpadu bagi ibu hamil bertempat di Gedung Posyandu Dahlia Kampung Tridarma Wirajaya, Kamis, 14/03/2019. Dilaksanakn oleh Kader Posyandu Kampung Tridarma Wirajaya dengan Petugas Kesehatan Puskesmas Tulang Bawang 1, Yuniarti, Wulan Firlian, Masriyana bersama bidan desa Hernawati,HB S.Keb.

Pengambilan Sample Darah Oleh Petugas Kesehatan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan Posyandu adalah menurunkan angka kematian bayi, angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan keluarga berencana. Serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Posyandu berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Kegiatan Posyandu bulan ini adalah pemeriksaan rutin posyandu bumil yaitu, hepatitis B, HIV , HB pemeriksaan kandungan, Golongan darah dan Senam pada ibu hamil. Hal ini dimaksudkan agar bayi yang dikandungnya tetap terjaga kesehatanya, dikarenan hepatitis dan HIV dapat ditularkan oleh ibu hamil kepada bayinya. Petugas Kesehatan yang dipimpin langsung oleh Uniarti, Wulan Firliani, Masriyana dan Bidan desa Hernawati, Hb secara bergantian melakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan ibu hamil yang menderita hepatitis dan HIV.

Lauk Pauk Berupa Tempe danTelor dan Sayuran Yang diberikan Kepada Ibu Hamil. (dokumen desa.id – foto : badar )

Selain pemeriksaan ibu-ibu hamil diberikan makanan dan sayuran sebagai asupan gizi bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Pemberian tambahan gizi berupa lauk pauk dan sayuran diharapkan agar ibu dan janin yang dikandungnya selalu terjaga kesehatanya, terutama bagi ibu hamil pemula. Ada sepuluh ibu hamil yang mengikuti Pemerikasaan pada kegiatan Posyandu bulan ini semuanya merasa puas dan senang.

Dengan adanya kegiatan Posyandu yang diadakan setiap bulan oleh kader kesehatan dan petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1, diharapkan bayi dalam kandungan beserta ibunya akan selalu sehat, sehingga bayi yang dilahirkan akan lancar, begitu juga dengan ibunya. Sehingga akan terbentuk keluarga yang sejahtera dan bahagia lahir maupun batin dan terhindar dari resiko kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan