Lansia sehat dengan posyandu dahlia

Bidan Hernawati, HB. S.Keb. Dalam Posyandu Lansia Bulan Maret 2019 di Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka meingkatkan kesehatan bagi warga kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya bekerja sama dengan Puskesmas Tulang Bawang 1, Rabu , 13/03/2019 telah mengadakan pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi lansia. Kegiatan ini dimasudkan agar penyandang usia lanjut mendapatkan pelayanan dalam bidang kesehatan dengan tujuan utama warga di usia lanjut dapat hidup sehat.

Kemajuan Kampung Tridarma bukan saja dilihat dari pembangunan fisik, tetapi kemajuan di semua bidang. Bidang Penyelengaran Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Bidang Pemberdayaan. Kemajuan bidang Pemberdayaan Masyarkat Kampung Tridarma Mengnggarkan melalu APKam santunan bagi lansia dan Pemberian Perawatan kepada lansia dan ibu hamil. Dana pad Anggaran tahun 2019 Kampung Tridarma Menggarkan jambanisasi bagi keluarga yang kurang Mampu

Perserta Posyandu Lansia Saridi di Meja Pendaftaran (dokumen desa.id – foto : badar)

Pelaksanan Posyandu Lansia bekerja sama dengan Puskesmas Tulang Bawang 1 dan tenaga kesehatan Masyarakat yang diprakarsai oleh bidan desa Hernawati, HB. sudah berjalan cukup lama. Sehingga tidak asing bagi  warga Kampung Tridarma Wirajaya. Kegiatan Posyandu dilaksanakan setiap tanggal tiga belas setiap bulanya, tetapi jika ditanggal tersebut libur diajukan di tanggal dua belas.

Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan dasar untuk mengetahui dan mendeteksi keluhan bagi warga lanjut usia. Keluhan yang sering dijumpai oleh petugas adalah darah tinggi, kolestrol, asam urat dan kadar gula. Setelah diperiksa menggunakan alat, selanjutnya diberi obat. Bagi lansia yang ingin berobat berlanjut dipersilahkan datang ke puskesmas Tulang Bawang 1.

Bidan Silky Sedang Memberikan Obat Kepada Pasien. (dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan Posyandu lebih mengutamakan kepada pemeriksaan dan pemberian obat-obatan kepada lansia. Semakin banyak lansia yang berkunjung semakin kompleks penyakit yang di sandangnya. Seperti hipertensi, kolestrol, asam urat, diabetes dan lambung. Kegiatan ini merupakan program Puskesmas Tulang Bawang 1 yang disinkronisasikan dengan progam desa. Tujuanya untuk meningkatkan kesehatan lansia yang ada di Kampung.

Teknis pelaksanaan posyandu lansia adalah mendaftar terlebih dahulu ke kader kesehatan Kampung, kemudian diberikan nomor urut. Setelah mendapatkan nomor urut menunggu untuk dipanggil ke meja diagnosa. Selesai didiagnosa melalui alat kesehatan, maka berlanjut ke meja selanjutnya untuk mendapatkan obat sesuai dengan penyakit yang disandangnya.

Bidan Henawati, HB, S.Keb Sedang Mengambil Tensi Darah ( dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan posyandu lansia di Kampung Tridarma Wriajaya yang dilaksnaan setiap bulan, maka penyandang penyakit yang dialamai oleh lansia dapat didetiksi sedini mungkin dan terjaga kesehatanya. Harapan bahwa semua lansia di kampung Tridarma Wirajaya selalu terjaga kesehatanya sehingga pembangunan kampung melalu kegiatan kesehatan dapat tercapai.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan