Final lomba asah terampil gapoktan se-kabuten tulang bawang

Peserta Lomba Asah Terampil Antar Gapoktan Se-Tulang Bawang di Aula Kantor Pemberdayan Perempuan Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulang Bawang Ke-22. (dokumen desa.id - foto - Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Lomba asah terampil Gapoktan se-Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2019 dilaksanakan di Aula kantor Pemberdayaan Perempuan Kampung Tioh Toho Jalan Lintas Timur Kabupaten Tulang Baang. Lomba asah terampil dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulang Bawang ke-22 dihadiri oleh Kepala dinas pertanian dan jajaranya, Kepala Balai Pertanian se-Kabupaten Tulang Bawang, serta dihari oleh Saut Sinurat, Kabag Hukum Kabupaten Tulang Bawang, mewakil Bupati Tulang Bawang Hajah Winarti, SE.MM. Acara dibuka langsung oleh Saut Sinurat mewakili Bupati, karena Bupati Tulang Bawang Hj Winarti SE.MM tidak berkenan hadir dikarenakan menghadiri acar Musrenbang Kabupaten Tulang Bawang.

Lomba asah terampil antar Gapoktan dalam memeriahkan hari jadi Tulang Bawang ke-22 bertema “Dengan Asah Terampil Kita Tingkatkan SDM Petani, Kelompok Tani, Gapoktan Untuk Mewujudkan Tulang Bawang Yang Aman, Mandiri, dan Sejahtera” diharapkan petani mampu memiliki ilmu pengetahun pertanian dan dapat mengaplikasikanya dalam bertani, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Sambutan Saut Sinurat Dalam Lomba Asah Terampil. (dokumen desa.id -foto : badar)

Dalam sambutanya Buapti Tulang Bawang “Salah satu misi pembangunan yg ditempuh untuk mewukudkan misi Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2022 adalah terwudnya Tulang Bawang yang aman mandiri dan sejahtera adalah meningkatkan perekonomian masyarakat mengurangi angka pengaguran dan kemisikininan. Kabupaten Tulang Bawang dengan wilayah yang luas memiliki potensi pertanian yang bermelimpah. Sumber daya ini dapat dimanfatkan semaksimal mungkin apabila sumber daya manusia mempunyai kemampuan dan kemauan dalam mengelolanya. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif petani sebagai pelaku utama yang menjadi ujung tombak dalam pertanian potensi sumber daya manusia petani ini merupakan kekuatan utama apalagi jika memiliki kelembagaan yang kokoh dan kuat.”

“Lomba asah terampil ini merupakan kegiatan lomba menguji pengetahuan dan keterampilan petani, baik sektor tanaman pangan, perkebunan pertanian dan pengetahun lainnya. Kegiatan ini dilaksnaakan rangka untuk memacu dan memotivasi petani dalam kegiatan usaha petani sesuai dengan teknologi pertanian serta mengembangkan fungsi kelompok tani sebagai wadah produksi dan kerja sama, sehingga dapat diaandalkan untuk berjalan lebih baik dalamm era pertanian kedepan.”

Gapoktan dan Peserta Lomba Asah Terampil Gapoktan Dari Kecmatan Banjar Agung. (dokumen desa.id – foto : badar)

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk memahami secara utuh, terhadap teknologi baru termasuk menggali inovasi teknologi tertentu sebagai salah satu upaya untuk mengetahui kemampuan dan prakasrasa terhadap pengembangan teknologi tersebut. Melalui final lomba asah terampil ini diharapkan petani sebagai .peran utma mampu terus melakukan kreaktifitas inovasi dalam usaha tani,untuk itu antar petani mampu bersaing dan terus memperkuat organisasi tani.”

Empat Gapoktan yang mewakili dari zone daerah masing-masing. Dengan keyakinan dan percaya diri peserta siap untuk memenangkan lomba. Di samping memerihakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulang Bawang juga merupakan kebanggaan tersendiri.

Peserta Lomba AsahTerampil dari Kecamatan Banjar Agung. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Lomba asah terampil diikuti empat peserta, Gapoktan Kecamatan Rawa Jitu Timur, Gapoktan Banjar Baru, Gapoktan Penawartama dan Gapoktan Kecamatan Banjar Agung . Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Dalam lomba ini diharapkan peserta dapat bersaing secara sehat terutama bersaing dalam ilmu pengetahun, sehingga dapat meninggkatkan aksi fungsi pertanian dan dapat meningkatkan pendapatan pertanian khusunya dan meningkatkan pendapatan masyarakat petani pada umumnya.

Gapoktan yang tampil dalam lomba asah terampil antar gapoktan merupakan perwakilan dari zone masing-masing setelah mengalahkan peserta yang lain. Keamatan Banjar Agung, misalnya telah menyingkirkan gapoktan dari Kecamatan Gedung Aji, Kecamatan Meraksa Aji, dan Kecamatan Menggala Timur.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan