Kampung tridarma wirajaya gelar pengajian selapanan mwcnu

Pengajian Selapan Ahad Kliwon MWCNU Kecamatan Banjar Agung di Masjid Al-Falah Kampung Tridarma Wirajaya (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya merupakan salah satu Kampung dari sebelas Kampung di Kecamatan Banjar Agung, terletak di Timur Laut Kota Kecamatan Banjar Agung, jarak tempuh 14 Km dengan perjalanan setengah jam. Berbagai upaya yang ditempuh dalam memajukan Kampung. Baik itu bidang Ekonomi, pendidikan, kesehatan, ekonomi bahkan pembangunan bidang keagamaan. Untuk menumbuh kembangkan dan mempererat tali silaturahmi Kampung Tridarma menggelar pengajian selapanan Ahad Kliwon, 24/02/2019 di Masjid Al-Falah, yang dihadiri oleh Jamaah NU, IPNU, IPPNU, Pagar Nusa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Banjar Agung.

Pengajian selapanan Ahad kliwonan merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Pengurus MWCNU Kecamatan Banjar Agung yang diketua oleh Agus Setiawan, S.Pd.I. dengan tempat pelaksanaan yang berbeda-beda sesuai dengan nomor undian. Setelah dilaksanakan di Kampung Tridarma Wirajaya, sesuai dengan undian, maka untuk bulan Maret dilaksanakan di Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya. Begitu seterusnya tanpa batas waktu.

Bapak-bapak Jamaah Pengajian Selapanan MWCNU di Masjid Al-Falah Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : badar)

Pengajian Selapan Ahad Kliwonan ini merupakan gagasan dari para tokoh NU beserta Bapak Camat beberapa tahun yang lalu, ketika masih tergabung tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Banjar Agung, Kecamatan Banjar Baru dan Kecamatan Banjar margo. Dengan perkembangan jama’ah yang semakin banyak, maka kegiatan pengajian selapanan Ahad Kliwon di setiap Kecamatan sudah melaksanakan sendiri-sendiri.

Ciri khas dari pengajian selapanan ahad kliwonon adalah dzikir bersama-sama dan thlil yang bertujuan untk mendo’akan arwar yang telah berpulang ke rahmatulloh. Acara ini dilakukan sebelum acara inti pengajian di mulai. Biasa di imami oleh sesorang yang dianggap sesepuh agama di Kecamatan Banjar Agung dan diikuti olehsemua jama’ah yang hadir.

Ibu – Ibu Jama’ah Muslimat NU Dalam Pengajian Selapanan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan pengajian Selapanan Ahad Kliwong diharapkan masyarakat khsuusnya warga nahdliyin semoga selalu diberikan kesabaran, kesehatan dan selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh swt.Sebab ini adalah merupakan salah satu kegiatan untuk mempererat tali persaudaraan antar jamaah Nahdliyin yang berada di Kecamatan Banjar Agung.

Sebelum acar ditutup dengan do’a, diisi tausiyah dari mubaligh yang diundang. Pda kegiatan ini pencerahm hberasal dari Rawa Jitu, yaitu KH Dimyati Riva’i, S.Pd.I. Materi yang disampaikan tentang contoh ahlakul karimah Nabi Muhammad saw. “Diharpakan dengan ahlak yang ada pada Nabi dapat kita contoh dan kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari.” “Sebab hidup di akhir jaman harus benar-benar berpegang teguh kepada ajaran-ajaran rosullalloh.” lanjutnya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan