Jumat bersih kampung tridarma wirajaya

Kegiatan Jum'at Bersi Warga Suku 03 Kampung Tridarma Wirajaya di Halaman Kantor Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id- foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Hari Jum’at merupakan hari yang istimewa bagi warga Kampung Tridarma Wirajaya.Dimana hari jum’at banyak waarga yang tidak melalukan aktifitasnya di ladang. Lebih memili untuk tinggal dirumah dengan melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan rumah tinggal. Dan merupakan tradisi untuk melkakukan kerja bhakti atau bergotong roayong di lingkungan kampung dan fasilitas umum,seperti membersihkan saluran air atua bekerja bergotong royongdi halaman kantor, balai kampung dan tempat ibadah.

Jum’at bersih dalam artian warga tridarma wirajaya melakukan kegiatn berih-bersih lingkungan di hari Jum’at. Karena pada hari jum’at warga kampung tidarma tidak melakukan aktivitasnya di ladang atau di kebun. Dan ini sudah menjadi tradisi sejak berdirinya Kampung Tridrma Wirajaa. Dan menjadikan satu arah dengan program dari pemerintah kabupaten yaitu jum’at bersih.

J
Gotong Royong Jum’at Bersih di Halaman Kantor. (dokumen desa.id – foto : badar)>

Kegiatan pada hari jumat, 15/02/2019 terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membrsihkan halaman kantor, Bagian kedua membrsihkan halaman balai kampung dan bagian ketiga membersihkan halaman masjid Al-Falah. Pesertanya gotong royong jumat bersih RT. 01 sampai dengan RT 04 Suku 03, sedangkan halaman masjid Al-Falah RT.04 Suku 01.

Di halaman belakang kantor Kampung tampak ibu-ibu PKK yang tergabung di UP2K turut hadir dalam kegiatan bersih-bersih halaman. Kegiatan bersih-bersih untuk mencegah timbulnya penyakit DBD, yang timbul dari jentik nyamuk. Selian itu mempersiapakan media untuk di tanama obat keluarga. Hadir Ibu kepala Kampung selaku ketua umum PKK untuk memberi pengarahan langsung penanaman obat keluarga.

Ibu-Ibu PKK yang Tergabung di UP2K Sedang memasukan tanah ke Kantong Plastik.(dokumen desa.id – foto : badar)

“kegiatan ini dilakukan di hari Jum’at, karena ibu-ibu banyak yang tidak melakukan aktifitasnya di ladang.” Sambut Ibu kepala Kampung. Kegiatan gotong royong di halaman belakang kantor. Menanam obat keluarga seperti sereh, kencur, dan jahe. Dilakukan juga bersih-bersih di sekeliling halaman kantor, mengingat pada saat ini adalah musim hujan, dengan tujuan untuk mencegah penyakit DBD.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan