Arisan perangkat kampung sebagai sumber inspirasi

Camat Sudirman (kiri) dan Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang Hermansyah (kedua kiri) DalamAcara Arisan Perangkat Kampung Bulan Februari 2019. (dokumen desa.id - foto : har).

tridrmawirajaya.desa.id | Keberhasilan Pembangunan di suatau Kampung didukung oleh beberapa hal. Diantaranya menjalin tali silaturrahmi antar perangkat Kampung. Silaturahmi dapat berupa berkumpul bersama untuk saling melepas kerinduan, bercerita tentang situasi dan kondisi dan permasalahan yang ada di sekitar. Pertemuan Perangkat Kampung Tridarma Wirajaya merupakan acara rutin yang dilakukan setiap awal bulan yang dilaksanakan secara bergilir di rumah salah satu perangkat Kampung. Pertemuan ini dilakukan dengan tujuan menjalin silaturahmi antar perangkat Kampung selain rapat kerja yang dilakukan oleh Kampung.

Selain menjalin silaturahmi menggali dan mengumpulkan masalah yang ada di wilayah lingkungan kerja masing-masing. Pertemuan yang dilakukan oleh perangkat Kampung ini terasa lebih santai, bercengkerama dan bersenda gurau, tetapi diperoleh informasi yang cepat dan akurat dari lingkungan dan sebagai inspirasi untuk menelorkan ide dan pendapat. Informasi tersebut dapat diperoleh dari bidang kesehatan, sosial, ekonomi bahkan informasi politik. Dari informasi tersebut di rangkum dan dikelompokan sesuai dengan bidangnya kemudian menjadi agenda kerja Kampung.

<Perangkat Kampung Tridarma Wirajaya Sedang mengikuti Arisan.(dokumen desa.id – foto : har)./p>

Disamping berkumpul untuk saling berkomunikasi diadakan arisan. Berkumpul bukan semata-semata karena arisan, tetapi sebagai penyemangat. Setelah uang terkumpul maka dikocok. Dan yang mendapatkan arisan, maka bulan depan akan berketempatan. Begitu seterusnya berjalan dari tahun 2011 sampai dengan sekarang.

Perkumpulan perangkat Kamung Tridarma Wirajaya dengan arisan ini terkadang dihadiri oleh Camat Banjar Agung, babinkantibmas dari Kepolisan dan Babinkantibmas dari sub Koramil Banjar Agung., Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) dan tokoh agama. Sehinga berita terkini dapat diketahui dengan cepat. Saling berbagi pengalaman dengan ngopi bareng.

Peserta Arisan Sedang Mendengarkan Sambutan Dari Bapak Camat Sudirman, SH. (dokumen desa.id – foto: har)

>Inilah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintahn Kampung Tridarma Wirajaya untuk membangun Kampung. Dilakukan dengan duduk santai, ngopi bareng tapi tapi pasti. Sehingga permasalahan yang timbul dapat diinformasikan dan dilkukan dengan cepat. Seolah-olah tidak ada dinding pemisah antara perangkat kampung dan warga. Dan tradisi ini akan selalu dipertahankan.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan