Pipanisasi pamsimas kampung tridarma wiraja dimulai

PemasanganPipamisasi Pada Program PamsimasRT. 02 Suku 03 Kampung Tridarma Wirajaya Program Tahun Anggaran 2018.(dokumen desa.id -foto : Haryanto)

tridrmawirajaya.desa.id | Pembangunan yang dilakukan dengan tujuan untuk pemerataan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung tridarma wirajaya tahun anggaran 2018 sudah sudah ada selesai, seperti pembangunan sarana olah raga berupa lapagan voli dan podium, draenase. Sarana informasi dan komonikasi berupa tower wifi. Tetinggal pembangunan sarana air bersih pamsimas yang masih melaksankan pemasangan pipa.

Pemasangan pipa dimulai dari Suku 03 RT 02,03 dan RT 04 arah ke Utara dan Barat. yang akan menyebar ke suku 02 RT. RT 04,RT 03 dan menuju arah ke Barat suku 01. Ada dua titik tower penampungan air. Pertama terletak di suku 02 denan penyebaran Suku 03 dan suku 04. Kedua Titik tower terleak di suku 02 yang pnyebaranya suku 02 dan suku 01. Sesuaidengan rencana bahwa pemasangan pipanisasi akan tersalurkan sebayak 300 titik rumah tangga.

Pemasangan Pipa di RT. 02 Suku 03 (dokumen.desa.id – Foto : Haryanto)

Sesuai dengan program awal bahwa Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Pemasangan pipa dilakukan dengan begotong royong di setiap lingkunagn RT masing-masing. Untuk sementara pemasangan pipa jalur sudah dilakukan di RT. 2 suku 03 dipimpin langsung oleh kepala suku 03 Bapak Narto dan Bapak Adeng Ketua RT. 02. Selanjutnya akan menyambung ke RT 04 dan RT 01 suku 03. Untuk suku lainya menunggu tuntas pesangan di suku 03.

PembagianPipa Untuk di Psang DiRT. 02 Suku 03(dokumen desa.id – foto : haryanto)

Peamasangan pipa akan terus berlanjut sampai selesai dalam satu kampung. Pemasangan tidak dilakukan dengan target, karena menggunakan tenaga gotong royong menyesuaikan dengan kondisi waktu warga. Disamping itu karena kebutuhan air warga masih menggunakan sumur gali karena di musim penghujan. Kebutuhan air akan meningkat, jika di musim kemarau sementara sumur gali sudah mengering. Sehingganya pemasangan pipa tidak telalu tergesa-gesa. Namun demikian jika pemasangan pipanisasite selesai,berarti semua program pembangunan yang dianggarkan di tahun 2018 selesai.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan