Kegiatan makesta membentuk kader militan berkarakter aswaja

Pembukaan Kegiatan Makesta di Pondok Pesantren Manba'u 'Ulum (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | MAKESTA adalah merupakan suatu wahana untuk mengantarkan calon anggota dari kehidupan individu ke dalam kehidupan sosial (organisasi) dan merupakan wahana orientasi dalam kehidupan berorganisasi dan merupakan pengkaderan tahap awal menuju perekrutan dan pengenalan anggota terhadap organisasi IPNU-IPPNU yang diadakan di tingkat Desa/ Kelurahan.

Tujuan Makesta adalah Untuk membentuk remaja yang berprestasi dengan lingkungan Desa (fisik maupun sosial) guna mencapai pengabdian yang maksimal terhadap masyarakat. Membengun kesadaran kritis akan pentingnya berorganisasi. Menanamkan keyakinan bahwa IPNU-IPPNU merupakan pilihan organisasi yang tepat sebagai sarana perjuangan.Memberikan pemahaman tentang PD/ PRT IPNU-IPPNU. Memberikan wawasan tentang kemampuan dasar organisatoris.

Pesera IPNU_IPPNU Dalam Mengikuti Makesta (dokumen desa.id – foto : badar)

Untuk mencapai tujuan Makesta IPNU-IPPNU Kabupaten Tulang Bawang mengadakan
Kegiatan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) dilaksankan di Gedung MTs Manba’ul ‘Ulum Kampung Tridarma Wirajaya,Kecamatan Banjar Agung. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan dua hari mulai dari tanggal 19 sampai dengan tanggal 20 Januari 2019 diikuti oleh IPNU dan IPPNU se-Kabupaten Tulang Bawang.

Acara dibuka oleh Kiyai Abdulloh Nawawai wakil PCNU Kabupaten Tuang Bawang dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PC Muslimah Kabupaten Ibu Hajah Solehah, S.Pd.I. Dalam sambutanan Ibu solehah, S.Pd.I berpesan kepada peserta untuk selalu bersemangat dalam mengikuti materi. Karena dengan kegiatan makesta akan dibentuk kader sebagai penerus dari aswaja.

Hadir Juga dari Polres Tulang Bawang Dalam Memberikan Materi Pembekalan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan Makesta ini sudah berjalan ke-empat kalinya. Pesertanya berasal dari dari lima belas kecamatan, tetapi yang mengikuti kegiatan hanya enam Kecamatan dengan jumlah peserta 52, putra 29 peserta dan 23 peserta putri. Kegitan bulan depan akan dilaksanakan di Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, yaitu Gedung SMK Al-Iman. Untuk Materi Kedepan bukan saja pembekalan kader NU, tetapi disiapkan materi kekinian misalnya penggunakan internet sehat bagi remaja.

(badar/tdw)
¨

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan