Pengajian Selapanan kliwonan kecamatan banjar agung

Pengajian Selapanan Ahad Kliwon MWC NU Kecamatan Banjar Agung di Masjid Nurul Huda Kampung Trimulya Jaya Kecamatan BanjarAgung (dokumen desa.id- foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Pengajian rutin selapanan Ahad Kliwonan digelar di halaman Masjid. Nurul Huda Kampung Trimulya Jaya, Kecamatan Banjar Agung . Pengajian yang diadakan setiap selapanan sekali (tiga puluh enam hari) tepatnya di hari ahad kliwon oleh MWC NU Kecamatan Banjar Agung berjalan lancar. Kelancaran karena persiapan dari panitia penyelenggara sudah disiapkan jauh-jauh hari. Selain itu didukung dengan cuaca cukup cerah,tidak seperti pelaksanaan sebelumnya yang diguyur hujan.

Tujuan dari pengajian selapan yang sudah berjalan beberapa tahun adalah untuk mempererat silaturahmi antar warga NU. Melestarikan budaya NU, dikarenakan  organisasi islam yang berdiri tahun 1926 merupakan salah satu organisasi yang ada di Indonesia dan tidak ada di negara-negara lain.

Jama’ah Pengajian Selapanan di Halaman Masjid Nurul Huda.(dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan rutin selapanan adalah kegiatan yang merupakan ciri khas bagi jama’ah NU,  Sebab dilihat dari pelaksanaannya kebanyakan dilaksanakan di luar ruangan (tempat terbuka). Selain itu sebelum acara inti dimulai, maka diawali dengan istighosah bersama untuk mendoakan arwah para shuhada dan keluarga yang meninggal dunia.

Kemeriahan acara pengajian ditambah dengan kehadiran Ketua PCNU Kabupaten Tulang Bawang Dimyati Riva’i dan Ketua Muslimat PCNU Kabupaten Tulang Bawang Hajah Solehah, S.Pd.I. Pengurus MWC NU Kecamatan Banjar Agung,Pengurus dan Anggota Muslimat NU, Ansor, Pencak silat NU, Fatayat NU,IPPNU dan angota lembaga NU. Di awal acara Ketua MWC NU Kecamatan Banjar Agung Ustd. Agus Setiawan memberitahukan bahwa koin yang terkumpul dari kotak koin jamaah NU samapi dengan bilanyang lalu sejumlah Rp 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah). Kedua bahwa pelaksanaan selapanan bulan akan datang di Kampung Tridarma Wirajaya.

Sambutan Ketua MWC NU Kecamatan Banjar Agung, Agus Irawan,S.Pd.I (dokumen desa.id – foto : badar).

Dalam penyampaianya ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tulang Bawang Ibu Solehah, S.Pd.I tentang peran penting ibu-ibu muslimat dalam kegiatan NU di semua lini. Baik kegiatan dilingkungan  Kecamatan dan Kabupaten. Peran serta ibu-ibu tidak boleh dipandang sebelah mata, karena semua kegiatan tidak lepas dari peran serta ibu-ibu muslimat.” Demikian sambutanya. Serta mohon do’anya karena ibu-ibu muslimat Kabupaten Tulang akan berangkat ke Jakarta dalam rangka mengikuti harlah NU di Senayan .

 

Sambutan Ketua Muslimat NU Kabupaten Tulang Bawang Ibu Hajah Solehah, S.Pd.I (dokumen desa.id – foto : badar)

 

Sambutan Ketua MWC NU Kecamatan Banjar Agung, Ust. Agus Setiawan.S.Pd.I (dokumen desa.id – foto : badar)

Berbeda dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua PCNU Dimyati Riva’i beliau lebih cenderung mengajak ke jamaah Bapak-bapaknya untuk selalu menjaga tradisi NU. Jangan cepat terpengaruh dangn isu-isu yang kurang jelas. Jika ada kebimbangan dan keraguan bertanyalah kepada kiyai-kiyai NU terdekat semua itu untuk menjaga silaturahmi, kerukunan dan ketentraman. Persatuan dan kesatuan untu NKRI semakin kokoh dan kuat.

KH. Imam Rofi’i Dalam Penyamapaian Tausiyah. (dokumen desa.id – foto : badar)

Sebelaum acara diakhiri siraman rohani yang disampaikan oleh KH. Imam Rofi’i dari Metro Lampung Tengah Dalam penyampaianya KH. Imam Rofi’i menganjurkan untuk membudayan membaca Al – Qur’an dan sholat. Budayakan membaca alqur’an di dalam rumah, terutama kepada kaum muda baik putra maupunputri. Hiasi rumah dengan baca’an Al-Qur’an sebab dengan bacaan alqu’an dalam rumah akan membawa keberkahan. Di Samping itu dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an akan membentuk mental yang kuat. Keimanan akan selalu terjaga dan ahati akan menjadi lentur, lembut sehingga akan selalu bertaqwa kepada Alloh swt.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan