Kunjungan tksk dan ketua psm kecamatan banjar agung

TKSK Rismayanti dan PSM Jaenal Monitoring dan Evaluasi Bantuan Jambanisasi Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kehadiran TKSK Rismayanti, S.Kom dan Ketua PSM Kecamatan Jaenal ke Kampung Tridarma Wirajaya dalam rangka mengevaluasi bantuan sosial bersumber dari dana sosial UPK Kecamatan Banjar Agung yang diberikan kepada warga kurang mampu dalam bidang kesehatan yaitu jambanisasi. Jambanaisasi yang telah terealisasi di keluarga Paidi warga RT.02 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya.

Kehadiran kami hanya untuk memastikan, bahwa bantuan jambanisasi apakah sudah terealisasi apa belum. Ternyata setelah kami datang untuk melihat langsung ternyata sudah direalsasikan semua. Bantuan yang diberikan kepada wara kampung untuk jambanisasi dengan anggaran Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) untuk pembangunan jamban yang sehat. Jumlah uang tersebut dibelanjakan kematerial sedangkan tenaga kerjanya adalah gotong royong.

Jambanisasi Milik Bapak Paidi Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : badar)

Disampaikan oleh petugas sosial masyarakat kampung Tridarma Wirajaya bahwa program jambanisasi akan ditindaklanjuti oleh pemerintah kampung untuk setiap tahunya. Setelah dilakukan pendataan ternyata masih ada 128 Warga yang masih menggunakan WC cemplung. Oleh karena itu melalui bantuan dana desa pemerintah kampung menganggarkan untuk kegiatan dimaksud.

Kepala Kampung Tatang Hermansyah membenarkan pernyataan tersebut, bahwa jambanisasi bagi keluarga yang kurang mampu akan dibangun dari dana bantuan kampung. Tetapi dari jumlah 128 Kepala Keluara tidaklah mungkin akan dibangun sekaligus. Mungkin akan bertahap mengingat kemampuan dana yang ada di Kampung. Disampaikan juga bahwa untuk anggaran tahun 2019 akan dipriorotaskan di bidang empat, yaitu pemberdayaan masyarakat. Sosialisasi stunting, pelatihan peningkatan aparatur kampung, pelatihan pengelolaan BUMKAM, Lanjutan Bank Darah masyarakat. diprioritaskan pada bidang keswehatan dan pendidikan.

Rumah Milik Bapak Paidi Yang Mendapat Bantuan Jambanisasi. (dokumen desa.id – foto : badar)

Monitoring dan Evaluasi oleh petugas sosial merupakan motivasi bagi pemerintahan Kampung untuk terus berinovasi dan berupaya meningkatkan kesejahteran masyarakat melalui swadaya ataupun melalui dana bantuan. Sehingga Kampung Tridarma Wirajaya dapat menyerap dan menggunakan dana bantuan sesuai kebutuhan masyarakat, masyarakat dapat menikmati langsung dan merasakan kesejahteraan dengan bantuan melalui Kampung.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan