Kunjungan pertama pendamping desa kecamatan banjar agung

Kehadiran PLD Kecamatan Banjar Agung Ke Kampung Tridarma Wirajaya Bapak Sigit, Bapak Yudhi Ardiansyah dan Ibu Oci.(dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirjaya.desa.id | Keberadaan pendamping desa dalam mengawal pembangunan di desa sangat diperlukan. Sebab pembnaunan pemberdayaan desa maupun pembangunan infrastruktur desa memiliki tugas untuk mengawal implementasi UU Desa. Pendampingan spesifik sesuai keahlian ditentukan secara bersama oleh semua pendamping desa berdasarkan kondisi obyektif yang ada di desa-desa yang didampingi.

Pendamping Desa berkualifikasi sarjana dengan kompetensi pemberdayaan masyarakat desa maupun pendampingan tidak hanya membawa prinsip program di mana seseorang di tugaskan,akan tetapi pendampingan juga di bawa pada komitmen moral kepada masyarakat dalam seluruh kegiatan yang dilakukan. Sehingga tujuan utama dari menciptakan perubahan kondisis mentalitas dan kultur masyarakat,yang tercermin dalam perubahan kesadaran sebagai unjung tombak pendorong kemajuan bisa tercapai. Sehingga mutlak bahwa pendampingan sangat dibutuhkan, agar supaya pengembangan masyarakat tidak dilakukan hanya oleh aktor tunggal melainkan dengan melibatkan banyak aktor yang aktif dan partisipatif.

Pendamping Lokal Desa Ibu Oci Berada di Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Dengan demikian, PLD berhubungan langsung secara intensif dengan pemerintah dan masyarakat Desa. Berdasarkan Literasi yang ada Pendamping Lokal Desa bertugas mendampingi Desa dalam penyelenggaraan pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. Pendamping Lokal Desa melaksanakan tugas mendampingi Desa yang mengacu pada Kerangka Acuan Kerja Pendamping Lokal Desa (PLD) yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dalam kerangka itulah, Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya mendapatkan kunjungan pertama kalinya dari PLD Kecamatan Banjar Agung Sigit Rahmanto Pendamping Teknik Infrastruktur dan Yudhi Nurdiansyah Pendamping Pemberdayaan yang diantar oleh pendamping loka Oci. Dalam kunjunganya menyampaikan surat tugas dan perkenalan bahwa mereka berdua adalah pendamping desa Kecamatan Banjar Agung.

Ibu Oci Pendamping Desa Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain memperkenalkan diri disampaikan tugas-tugas sebagai pendamping, yaitu Mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. Mendampingi desa dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan sosial dasar, pengembangan usaha ekonomi desa, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna, pembangunan sarana prasarana desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. Melakukan peningkatan kapasitas bagi Pemerintahan Desa, lembaga kemasyarakatan desa dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Melakukan pengorganisasian di dalam kelompok-kelompok masyarakat desa. Melakukan peningkatan kapasitas bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan desa yang baru.Mendampingi Desa dalam pembangunan kawasan perdesaan secara partisipatif. Dan melakukan koordinasi pendampingan di tingkat kecamatan dan memfasilitasi laporan pelaksanaan pendampingan oleh Camat kepada pemerintah Daerah Kabupaten.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan