Kampung tridarma wirajaya optimalkan bumil mengikuti posyandu

Kegiatan Posyandu Bumil Kampung Tridarma Wirajaya, Bidan DEsa Hernawati HS, S.Keb Sedang Memberikan Materi. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Senin, 14/01/2019. Kampung Tridarma Wirajaya bersama Bidan desa Hernawati HB, S.Keb dan Kader Posyandu Dahlia tetap optimis dalam menjalankan amanat warga Kampung Tridarma Wirajaya yang tertuang dalam APBKam tahun 2018 bidang empat yaitu Pemberdayaan Masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan menekan kematian ibu dan bayi diwaktu melahirkan.

Posyandu bumil dilakukan setiap tanggal empat belas untuk setiap bulannya. Dihadiri oleh ibu hamil kampung Tridarma Wirajaya. Baik ibu hamil pemula atau ibu hamil yang pernah melahirkan. Bagi hamil pemula ditekankan untuk selalu menjaga kehamilanya. Harus banyak istirahat, makanan bergizi, dan rajin olah raga. Tiga puluh ibu hamil yang tercatat dan aktif mengikuti posyandu, tetapi sudah ada beberapa ibu yang melahirkan.

Bidan Hernawati HB,S.KebSedang Memberikan Materi Kepada Bumil. (dokumen desa.id – Foto ; badar)

Hernawati HB, menjlaskan betapa pentingnya ASI bagi balita dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk bayi, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi. Oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

Selanjutnya ASI menjadi makanan utama sang buah hati, selain karena kegunaannya sebagai makanan utama, ASI juga berperan dalam mendekatkan kedekatan jiwa antara sang ibu dan sang anak. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak yang mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.

Sayuran dan Lauk Yang dibagikan Kepada Bumil. (dokumen desa.id -foto : badar)

ASI memberikan kekebalan yang optimal untuk bayi Karena ASI memiliki banyak keunggulan kandugan zat-zat penting yang terkandung di dalamnya, hal itu dapat membuat bayi berkembang dengan optimal. ASI juga mempunyai keunggulan lain untuk pembentukan sistim imun sang bayi.Sistem imum merupakan sistem yang sangat krusial untuk sang bayi, semakin baik sistem imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

Selain pemberian pembinan danpengarahan bumil oleh bidandesaHernawati HB,S.Keb Diberikan pula tambahan makanan bergisi berupa sayuran dan lauk pauk. Pemberian makanan tambahan berupa lauk pauk dan sayuran dibagikan kepada ibu-ibu yang mengikuti posyandu untuk memberikan contoh supaya di rumah masing-masing selalu mengasumsi makanan bergizi walaupun sederahana. Sehingga ibu dan bayi yang dikandung menjadi bayi yang sehat, jauh dari resiko kehamilan.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan