Gotong royong jum’at bersih kampung tridarma wirajaya

Gotong Royong Jum'at Bersih Kampung Tridarma Wirajaya Depan SMKN 1 Banjar Agung. (dokumen desa.id - foto : tatang)

tridarmawirajaya.desa.id | Pembangunan di bidang infrastruktur merupakan pembangunan yang dilaksanakan di setiap desa untuk mendukung pemerintahan desa dalam mendorong pemenuhan dasar sarana dan prasarana kebutuhan di desa. Selain pembangunan infrastruktur perlu adanya partisipasi warga untuk membangan masyarakat dalam bidang gotong royong sesuai dengan cita-cita yang selalu diserukan oleh ibu Bupati Tulang Bawang, Winarti.

Kampung Tridarma Wirajaya dalam menjaga keutuhan dan kerukunan warganya selalu untuk membangkitkan semangatnya melalui gotong royong Jum’at bersih. Gotong Royong yang dipimpin langsung oleh Kepala Kampung Tatang Hermasnyah membersihkan bahu jalan Poros depan SMK Negeri 1 Banjar Agung dan sekitar lapangan bola yang terletak Suku 01 dan 04.

Semangat Gotong Royong Jum’at Bersih Warga Kampung Tridarma Wirajaya.(dokumen desa.id – foto :tatang).

Gotong royong Jum’at bersih dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama Suku 01 membersihkan bahu jalan di seputar lapangaan bola Antrida RT. 02 suku 01. pesertanya warga Suku 01 di bawah komando kepala suku 01 Bapak Margo. Dengan semangat kebersamaan yang dimili oleh warga suku patut menjadai tauladan dan spirit bagi warga yang lainya terutama suku 02 dan suku 03.

Selanjutnya kelompok dua di bawah komando kepala suku 04 Bapak Suker. Bertempat di lokasi depan SMKN 1 Banjar Agung. Dengan warga RT 04 Suku 04 membersihkan bahu jalan. Kelompok dua ini di hadiri oleh Kepala Kampung Tatang Hermansyah sekaligus memberikan motivasi kepada warga. Motivasi yang diberikan supaya warga tetap semangat menjaga persatuan dan kesatuaan Kampung, semangat bergotong royong, karena gotong royong merupakan ciri khas sebagai warga Indonesia khusunya warga Kampung Tridarma Wirajaya.

Gotong Royong Warga Suku 01 di Sekitar Lapangan Bola Antrida. (Dokumen desa.id – Foto : Tatang H)

Semangat gotong royong yang dimiliki warga Kampung Tridarma Wirajaya sudah menjadi tradisi sebagai motivasi untuk menjaga kerukunan warga sebagai partisipatif dalam kegiatan lainya, seperti membangun rumah warga, kematian, dan hajatan. Selain membangun kebersamaan yang merupkan ciri khas desa adalah membiasakan mental sumber daya manusia sebagai edukatif untuk selalu bersatu dalam membangun.

Pembangunan disegala bidang terutama pembangunan fisik di desa sudah mulai terpenuhi, terutama pembangunan untuk memenuhi kebutuhan standar warga. Dan pembangunan itu akan berlanjut pada pembangunan sumber daya manusia terutama pembangunan pemberdayaan supaya kualitas hidup lebih berkopenten pada bidangnya sipaya selalu menjaga azas gotong royong.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan