Pelatihan sistem informasi desa dan kawasan kecamatan meraksaaji

Peserta Pelatihan SiDeKa di Kecamatan Meraksaaji Kabupaten Tulang Bawang.(dokumen desa.id - foto : dana)

tridarmawirajaya.desa.id | Bagai api dalam sekam. Itulah kata-kata yang paling tepat buat Pandu desa, Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKa) Kabupaten Tulang Bawang. Setelah kepulanganya pelatihan dari Tasikmalaya Pandu Desa Provinsi Lampung yang didampingi oleh Pandu BP2DK Dana Putra Yuda terus bergerak menembus wilayah desa yang berada di Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat dalam rangka penerapan sistem informasi desa dan kawasan di bidang pemerintahan desa.

Pergerakan Pandu desa yang didasari dengan semangat pengabdian tidak ada henti-hentinya. Setelah kegiatan pelatihan di Tulang Bawang Barat Kecamatan Gunung Agung yang diikuti oleh tiga belas desa dan 30 peserta yang berasal dari perangkat desa dan admin ,berlanjut ke Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang dan di penghujung tahun 2018 melaksanakan pelatihan di Kecamatan Meraksaaji.

Suasana di Ruang Balai Kampung Paduan Rajawali Dalam Pelatihan SiDeKa. (dokumen desa.id – foto : dana).

Kata yang tepat dalam penyelenggaraan itu bukan pelatihan, tetapi mengevaluasi kegiatan sideka di desa masing-masing. Sebab untuk Kecamatan Meraksaaji dan Kecamatan Batang Hari sudah pernah melakukan pelatihan dan kumpul bareng dalam menjalankan sideka apalagi untuk Kecamatan Rawa Pitu yang termasuk dalam desa lokpri. Selain dua Kecamatan Meraksaaji dan Rawapitu ikut serta Kecamatan Dente Teladas.

Dengan kumpul bareng membahas sideka diharapkan peserta mampu dan cakap serta memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan tatakelola dan informasi di desanya masing-masing, baik dalam pemberitaan, kependudukan, keuangan dan pemetaan. Selanjutnya akan membentuk kawasan sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di desa.

Dengan Seriusnya Peserta dari Rawapitu dalam Pelatihan SiDeKa. (dokumen desa.id – foto : dana)

Rencana di tahun 2019 khusunya di Kabupaten Tulang Bawang sudah menggunakan SiDeka dalam pengelolaan tata administrasi. Tidak menutup kemungkinan akan merambah di Kabupaten tetangga seperti Lampung Tengah, Mesuji dan Pasawaran. Bagaikan api dalam sekam itulah sideka. Hal ini dikarenakan aplikasi sideka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi yang lain.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan