Bantuan jambanisasi pada hari kesetiawanan sosial nasional (hksn)

Jamban Milik Bapak Paidi Yang dibangun Oleh Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya dalam Memperingati HKSN. (dokumen desa.id -foto : Jamilatun)

tridarmawirajaya.desa.id | Kehidupan manusia dalam masyarakat tidak terlepas akan adanya interaksi sosial antar sesamanya. Pada dasarnya manusia sesuai dengan fitrahnya merupakan makhluk sosial yang tidak biasa hidup sendiri melainkan membutuhkan pertolongan orang lain. Oleh sebab itu didalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya kerjasama dan sikap kesetiakawanan sosial dalam menyelesaikan segala permasaiahan. Masyarakat Indonesia terkenal dengan sikap ramah, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosialnya didalam kehidupan sehari-hari. Sehingga untuk menyelesaikan segala problema yang ada didalam kehidupan masyarakat dibutuhkan sikap kesetiakawanan sosial yang dapat mempermudah dan memecahkan masalah secara efisien.

Kecamatan Banjar Agung dalam memperingati Hari Kesetia Kawanan Sosial Nasional yang biasa disebut dengan HKSN melakukan banyak aksi. Diantaranya pemberian bantuan jambanisasi kepada warga Kampung Tridarma Wirajaya, yaitu bapak Paidi. Bantuan ini merupakan salah satu bantuan yang didanani oleh Unit Pengelola Kegiatan ( UPK ) Kecamatan Banjar Agung melalui Pendamping Sosial Masyarakat (PSM) Kampung Tridarma Wirajaya.

Keadaan Jamban Milik Bapak Paidi sebelum di perbaiki. (dokumen desa.id – foto : jamilatun)

Jambanisasi yang dilaksanakan oleh PSM bekerja sama dengan Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya sudah dilakukan. “Saya mengucapkan terimakasih kepada UPK dan PSM yang telah memberikan bantuan kepada saya untuk membuat jamban saya menjadi bagus dan standart.” demikian ucapan yang disampaikan oleh ibu sutinah istri dari Bapak Paidi. “Trimakasih juga disampaikan keada Kepala suku 4 dan warganya yang telah bersama-sama membangun jamban untuk saya.” Lanjutnya.

“Kesetiakawanan sosial adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera” Sambutan yang disampaikan oleh PSM Jamilatun.

Bersma Warga membangun Jamban Milik Bapak Paidi. (dokumen desa.id – foto :Jamilatun)

Dibangunnya jambandi kediaman Paidi merupakan jalinan kesetiakawanan bagi keluarga yang kurang mampu. Diharapkan dengan dibangunya jamban dapat meningkatkan kesehatan keluarga dalam membuang air besar. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Jamban yang bangun merpakan kegiatan awal, mudah-mudahan dapat dilanjutkan di tahun depan bagi keluarga kurang mampu yang belum memiliki jamban sehat.


(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan