Balita sehat dengan posyandu dahlia

Petugas Kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 Sedang Memberikan Imunisasi. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Tridrma Wirajaya, 11/12/2018. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah bayi dan balita.

Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu yang di lakukan kampung Tridarma Wirajaya ini bertujuan mengetahui tumbuh kembang bayi dan balita serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.

Peserta Posyandu Dahlia pada Pemberian Imunisasi. (dokumen desa.id – foto : badar)

Kampung Tridarma Wirajaya melalui kader kesehatan melaksanakan kegiatan rutin setiap bulannya. Yaitu Posyandu bayi dan balita di gedung Posyandu Dahlia. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan Posyandu kali ini, dengan agenda pemberian imunisasi, pembagian bubur, Pemberian Vitamin A dan campak.

Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan Posyandu adalah Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas. Membudayakan NKBS. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera. (Bagian Kependudukan dan Biostatistik FKM USU. 2007).

Pemberian Imunisasi Berupa Tetes Oleh Petugas Kesehatan.(dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan adanya kegiatan Posyandu yang diadakan setiap bulan oleh kader kesehatan dan petugas kesehatan dari Puskesmas, bayi dalam kandungan beserta ibunya akan selalu sehat. Bayi lahir lancar dan sehat begitu juga dengan ibunya.Sehingga akan terbentuk keluarga yang sejahtera dan bahagia serta tiak ada bayi gagallahir atau bayi dan ibu meninggal dunia karena melahirkan.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan