Lanjutan pembangunan gunakan dana desa kampung tridarma wirajaya

Pembangunan Lapangan Voli Menggunakan Dana Desa Tahun 2018 Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Dana Desa adalah dana bantuan dari Pusat yang diberikan kesetiap desa yang ada di Indonesaia. Dengan adanya bantuan dana desa maka dapat kita melihat di desa-desa ada pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat yang sudah baik dan ada juga yang masih terbengkalai dan perekonomian lemah. Hal ini karena setiap penduduk desa punya kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan pembangunan infrakstruktur dan ekonomi di daerah mereka.

Selain dari bantuan dari dana desa pemerintah Kabupten memberikan bantuan kepada pemerintahan desa berupa Alokasi Dana Desa yang disebut dengan ADD. ADD adalah perolehan bagian keuangan desa dari Kabupaten yang penyalurannya melalui Desa. ADD adalah bagian dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh Kabupaten.

Pemasangan tiang Lampu Jalan Kampung Tridarma Wirajaya sudah Dimulai. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Tujuan dari Alokasi Dana Desa (ADD) antara lain , Meningkatkan sistem pemerintahan desa dalam menerapkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan sesuai dengan kewenangannya. Peningkatan kekuatan lembaga kemasyarakatan di desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengkondisian pembangunan secara partisipatif sesuai dengan potensi desa. Meningkatkan kesamarataan pendapatan, peluang bekerja dan peluang berusaha bagi masyarakat desa, dan Membantu peningkatan swadaya gotong royong di masyarakat desa.

Pembangunan Papan Nama/Papan Tulis Lapangan Sepak Bola (dokumen desa.id – foto : Badar)

Kampung Tridama Wirajaya, Kematan Banja Agung, Kabupaten Tulang Bawang dalam pemamfaatan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pembangunan pengerjaanya dikebut, mengingat tahun anggaran 2018 akan berakhir. Pengerjaan yang sedang dikebut adalah bangunan sarna olah raga berupa pal gol, papan nama. lapangan voli yang menggunakan bantuan dana desa tahun anggaran 2018 dan lampu jalan yang mengunakan Alokasi Dana Desa (ADK) baru mulai dipasang.

Pemasangan Palgol Lapangan Bola. (dokumen desa. id – foto : badar).

Pembangunan yang menggunakan dana bantuan dari Kanbupaten berupa tiang lampu jalan sejumlah 128 sudah mulai terpasang di sepanjang jalan Pertmanina dan jalan poros Kmpung tidarma Wirajaya. Sedangkan pembanunan lapangan bola voli baru pada plesteran kasar. Tiang pal gol sudah terpasang tinggal pengecatan dan pemasangan jaring. Sedangkan untuk papan nama atau papan tulis lapagan bola tinggal memasang keramik dinding dan tulisan.

Program pembanguan berupa fisik tahun anggaran 2018 baik yang bersumber dari dana DD atupun ADD akan dirampungkan pada pertengahan bulan Desember. Sesuai dengan penyerapan dana dan penggunaanya, sesuai dengan target.” Sambut Kepala Kampung Tatang Hermanysah.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

1 Comment

Tinggalkan Balasan