Peserta pelatihan training of trainer adalah orang-orang hebat

Peserta Pelatihan TOT Pengelolaan Sistim Informasi Desa (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Peserta pelatihan Training of Trainer (TOT) Pengelolan Sistim Informasi Desa yang dilaksanakan oleh BP2DK di Desa Mandala Mekar, Kecamatan Jati Waras Kabupaten Tasikmalaya ternyata orang-orang tangguh. Peserta yang berasal dari 12 Provinsi se-Indonesia dari Meuraoke, NTT, Raja Empat, Sulawesi, Maluku , Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kepri, Riau, Aceh, Lampung,Bali, Jawa Tengah dan Jawa Barat sudah memulai pelatihan

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang menarik, karena peserta berbeda etnis, suku dan bahasa. Berabur menjadi satu untuk belajar pengelolan sistim informasi desa. Dengan harapan akan menjadi satu kekuatan di seluruh NKRI membentuk cincin kekuatan di seluruh Indonesia (mengutip bahasa sambutan direktur BP2DK, Irman Meilandi).

Peserta Pelatihan dari Irian Jaya dan Raja Empat. (dokumen desa.id – foto : badar)

Saya berasal dari Kampung Hilir Betuah Kecamatan Tambalan Kabupaten Bintan Provinsi Kepri. Dengan mengisahkan perjalanan mengikuti TOT. Saya berangkat naik Kapal Laut, Pelni Sabuk Nusantara 80 tujuan Tanjung pinang. Perjalanan menggunakan Kapal Laut selama 25 Jam, tetapi jika cuaca tidak bersahabat perjalanan dapat ditempuh selama 30 Jam dan jika cuaca tidak baik kapal berhenti di tengah laut. Untuk keluar dari kampung ke kota menempuh waktu satu bulan pulang pergi, karena menunggu jadwal perjalanan kapal. Setelah kapal berlabuh perjalanan diteruskan menggunakan jasa ojek motor selama 15 menit. ke bandara Tanjung Pinang menuju ke Cengkareng.” Cerita Khotimul Ashom,

Berbeda dengan cerita Muhammad Syahril Manan. Salasatu perserta dari KampungSaunek Kecamatan Waigiyo Selatan , Kabupaten Raja Empat Provinsi Papua Barat. Perjalan dari Kampung Saunek mengunakan perahu cepat menuju Kota selama 15 Menit. Dari Kota ke Bandara menempuh perjalanan 1,5. Kemudian menuju Jakarta menggunakan pesawat Batik Air.

Suasana Belajar di Bale Swalaya. (dokumen desa.id – foto: badar)

Pelatihan TOT di Mandala Mekar merupakan pelatihan orang – orang hebat. Karena semua pesertanya berasal dari desa, leadernya dari desa, tempatnya di desa. pengnapanya orang desa dan juru masaknya orang-orang desa. Direktur BP2DK juga orang desa. Ini yang membedakan pelatihan yang lain seperti dilaksanakan di kota.

Banyak yang dirasakan oleh peserta dengan pelaksana pelatihan di desa. peserta tidak cepat merasa bosan karena berinteraksi langsung dengan alam pedesaan. Mayarakat terlibat langsung dalam penyelengaraan. Dan ada berkah tersendiri bagi warga desa dengan tempat tinggalnya menjadi homesty.

Kesemangatan para peserta TOT yang menjadikan Sideka tumbuh dimana-mana. Dari mulai pinggir Indonesia paling Timur sampai dengan pinggir Barat. Jarak tempuh yang cukup panjang dan route yang sulit, seperti cerita Chotimul Ashom. Andaikan saja cuaca tidak mendukung perjalananya mungkin tidak akan sampai ke Tasikmalaya.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

1 Comment

Tinggalkan Balasan