Pelatihan TOT pengelolaan sistem informasi desa,telah dibuka

Pembukaan Pelatihan TOT Pengelolaan Sistem Informasi Desa Oleh BP2DK. (dokumen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | BP2DK benar-benar bekerja keras untuk mewujudkan desa di seluruh Indonesia agar mampu dan mengusai pembangunan desa melalui sistem informasi desa. Hal ini dibuktikandengan Pelatihan TOT Pengelolaan Sistem Informasi Desa. yang diikuti oleh peserta dari Aceh samapi ke Irian Jaya.

Pelatihan Training of Trainer (TOT) Pengelolan Sistim informasi desa yang diadakan oleh Badan Prakarsa Pembangunan Desa dan Kawasan (BP2DK) telah resmi dibuka, 21/11/218. Pelatihan yang rencananya berlangsung selama sepuluh hari dimulai dari tangggal 21 – 30 November 2018 bertempat di Desa Mandala Mekar Kecamatan Jati Waras, Kabupaten Tasik Malaya, Provinsi Jawa Barat.

Sambutan Direktur BP2DK Dalam Pelatihan TOT.(dokumen desa.id – foto : badar)

Ada beberapa alasan yang disampaikan oleh Direktur BP2DK pusat, Bapak Irman Meilandi, mengapa pelatihan ini dilaksnaka di Mandala Mekar, padahal pelatihan ini diikuti oleh peserta seluruh Indonesia. Pertama Peserta dan Narasumber dapat mengenal dan bersatu dengan alam yang masih alami jauh dari kebisingan. Kedua Pelatihan yang dilaksanakn di dalam gedung mewah, akan merasa nyaman paling lama tiga hari, setelah itu sudah merasa jenuh. Karena tempatnya tertutup di dalam ruangan peserta merasa cepat bosan.

Disampaikan juga bahwa banyak sekali bagi desa untuk membangun desanya terutama pembangunan fisik berupa infrastruktur. “Tetapi tidak kalah pentingnya untuk membangunan dunia maya yang berupa ilmu tekhnologi. Pelatihan ini diharapkan peserta mampu sebagai pelaku utama dalam dunia IT. Kita sebagai penjual bukan lagi sebagai pembeli.” lanjutnya.

Peserta Pelatihan TOT (dokumen desa.id – foto : badar)

Di sampaing pelatihan sebagai pandu desa diharapkan setelah mengikuti pelatihan TOT ini mampu menerapkan keilmuanya dalam mengembangkan dan membangun desa dan desa tetangga, untuk menerapkan sideka dan pemanfaatan IT dengan memperhatikan kearifan lokal.

Pelatihan ini diikuti dari Indonesia Timur Irian Jaya sampai dengan Bagian Barat yaitu Aceh. “Yang datang ke Mandala Mekar adalah Peserta pilihan yang benar-banar ada nilai plusnya dalam memajukan desa melalui Sideka. Oleh karena itu tugas kalianlah untuk memajukan Indonesia melalui Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA).”Lanjut Direktur BP2DK.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

1 Comment

  1. Sip.. Lanjutkan bang… Semoga dengan adanya Pelatihan ToT ini Sistem Informasi Desa di Desa Tridarma Wirajaya bisa mendapatkan dukungan dari Pemangku Jabatan di Pemerintah Desa khususnya dan Pemerintah Kabupaten pada umumnya..

Tinggalkan Balasan