Camat bajar agung sudirman,sh bersama kapolsek dan subramil membuka pelatihan linmas

Camat Banjar Agung Sudirman, SH Membuka Pelatihan Linmas di Kampung Tritunggal Jaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Peran dan fungsi linmas sebagai garda terdepan dalam keamanan dan ketertiban masyarakat mempunyai tanggungjawab yang besar. Sebagai perlindungan masyarakat yang berada di Kampung, Linmas dituntut cakap, lugas dan tegas dalam melaksankan tugas di kampung yang merupakan perpanjangan tangan dari Babinkantibmas dari TNI dan Kepolisan Republik Indonesia.

Linmas berada di Kampung harus dapat membantu kepala Kampung dalam mengatasi persoalan yang ada di Kampung dan melindungi warga dari bencana dan permasalahan. Sehinga linmas dapat dikenal dan diakui oleh warga yang secara tegas. Dalam menjalankna tugasnya linmas harus berkoordinasi dengan Babintatibmas dari TNI atau dari Polri.” Sambut Kapolsek Kompol Rahmin. “Disamping linmas harus cakap dan lugas dan tegas dalam melayani masyarakat linmas dituntut harus rapi, karena kewibawaan akan muncul jika kerapian terjaga.” lanjutnya.

Pelatihan Linmas Kecamatan Banjar Agung di Kampung Tritunggal Jaya. (dokumen desa.id – foto : badar)

Camat Banjar Agung Sudirman, SH membuka pelatihan Linmas se-Kecamatan Banjar Agung yagn diikuti Oleh enam Kampung, Bertempat di Aula Kantor Kampung Tritunggal Jaya. Pelatihan dibagi menjadi dua bagian, Bagian Pertama berupa materi dan kedua latihan samapta di tempatkan di Lapangan bola Kampung Tritunggal Jaya.

Tuntutan linmas harus memiliki kemampuan dalam melayani persoalan yang muncul di Kampung, maka keberadaan linmas harus di latih untuk mingkatkan kapasitas keberadan linmas di kampung masing-masing. Untuk itu Kecamatan Banjar Agung mengadakan pelatihan linmas yang diikuti oleh enam Kampung , yaitu Kampung Tritunggal Jaya, Kampung Banjar Agung, Kampung Moris Jaya, Kampung Banjar Dewa, Kampung Warga Makmur Jaya dan Kampung Tunggal Warga.

Kapolesk Banjar Agung Kompol Rahmin Memberikan Sambutan Dalam Pelatihan Linmas. (dokumen desa.id _ foto : badar)

Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di gabung menjadi satu (claster) pelatihan dari enam kampung. Hal ini agar pelatihan mendapat materi sepemahaman. Dapat berinteraksi dengan linmas dari kampung lain. Disamping itu untuk mempermudah dalam pembuatan laporan pertanggunjawaban.

Melalui pelatihan ini linmas dituntut mampu meningkatkan pelayanan dan ketrtiban dalam masyarkat. Mampu menjawab persolan dan masalah yan timbul dari masyarakat secara lugas dan tegas, sehingga persolan yang muncuk cukup diselesaikan oleh linmas di kampung.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan