Budaya gotong royong jum’at bersih kampung tridarma wirajaya

Gotong Royong Jum'at Bersih Warga RT. 02 Suku 03 dan Warga RT. 04 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya. )dokumen desa.d - Foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Gotong royong adalah kerja sama antara sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama. Gotong Royong dapat juga diartikan prinsip kerja sama, saling membantu tanpa imbalan lansung yang diterimanya yang hasilnya untuk kepentingan bersama / kepentingan umum. Gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing.

Semangat gotong royong berkembang dengan baik karena didorong kesadaran bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, manusia baru bisa dapat wajar bila bersama-sama dengan orang lain, manusia perlu menyusaikan dirinya dengan masyarakat lingkungannya, dan manusia perlu menjaga hubungan baik dengan sesama untuk mengikat persaudaraan.

Gotong Royong Merapihkan Bahu Jalan RT. 02 Suku 03.(dokumen desa.id – foto : Badar)

Semangat gotong royong merupakan salah satu cita-cita Kabupaten Tulang Bawang di bawah pimpinan Bupati Winarti, SE. MH dan Wakil Bupati Hendriwansyah. Gotong royong merupakan ruh dari pengamalan Pancasila harus dipertahankan dan dibudayakan supaya Tulang Bawang semakin maju. Demikian yang selalau dikumandangkan dihampir setiap acara. Dengan gotong royong pekerjaan semakin ringan dan cepat terselesaikan.

Di bawah pimpinan Kepala Kampung Tridarma Wirajaya, Tatang Hermasnyah Kampung Tridarma Wirajaya selalu bergotong royong, baik gotong royong yang sifatnya pribadi seperti membangun rumah ataupun gotong royong umum seperti membersihkan siring, bahu jalan dan lingkungan perkantoran Kampung. Hal ini dilakukan karena budaya gotong royong sudah melekat di hati warga Kampung Tridarma Wirajaya.

Gotong Royong Membersihkan Rumput di Bahu Jalan RT. 04 Suku 04. (dokumen desa.id – foto : badar)

Gotong royong yang dilakukan pada hari Jum’at 08/11/2018 merapihkan dan membersihkan rumput di bahu jalan di lingkungan RT. 02 suku 03 dan RT. 04 Suku 04. Gotong royong jum’at bersih dilakukan oleh warga RT 04 suku 04 dan warga RT. 02 dan Suku 03. membersihkan dan merapihkan sepanjang jalan 200 Meter dari perempatan SMKN 1 Banjar Agung ke arah Timur Masjid Nurul Jadid Suku 04.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan