Warga rt 02 suku 04 bergotong royong membangun gorong-gorong

Kegiatan Gotong Royong Menggali Tanah Untuk Pembangunan Gorong-Gorong Yang Dilakukan Oleh Warga RT. 02 Suku 04. (dokumen desa.id -foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Ada dua jenis pembangunan. Pertama pembangunan Jasmani dan yang kedua pembangunan Rohani. Pembangunan jasmani terdiri dari beberapa bidang, terutama pembangunan fisik berupa infrastruktur, seperti gorong-gorong. Kampung Tridarma Wirajaya dalam membangun infrastruktur tidak luput dari tenaga swadaya gotong royong. Semangat gotong royong di kampung masih kelihatan kompak.

Sebagai wujud nyata dalam membangun lingkungan yang dilakukan oleh warga RT. 02 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya dengan melakukan gotong royong membangun gorong-gorong. Gorong-gorong yang akan dibangun berukuran panjang 4 Meter, lebar 0,6 Meter pengerjaanya telah dimulai menggali tanah .

Kepala Suku 04 Bapak Suker (bertolak pinggang) Dalam Gotong Royong .(dokumen desa.id -foto : badar).

Gotong royong langsung di bawah komando kepala suku Bapak Suker dan ketua RT 02 Bapak Edi Ismoyo dan sebagian warga RT 02. Pekerjaan dimulai dari penggalian tanah yang akan dipasang gorong-gorong. Dimulai dari pukul 15.00 WIB. Pengerjaanya akan dilakukan hari Sabtu, 03/11/2018 oleh sebagian warga RT 02 yang pada waktu penggalian tanah tidak berangkat, kecuali lansia dan janda

“Kami hanya menyiapkan tenaga kerjanya saja, sedang material berupa batu belah, semen, batu split dan besi berasal dari kampung”. Penyampaian dari Kepala suku 04 Suker. “Insyaalloh dikerjakan satu hari saja sudah selesai”. Lanjutnya. Dan semua material sudah siapdilokasi gorong-gorong yang akan dibangun.

“Pekerjaan gorong-gorong ini sangat sayatungu, karena gorong-gorong yang sudahada volumenya kecel mobil besar tidak dapat masuk” sambu salah satu warga. Rupanya pembangunan gorong-gorong sebagai penggganti gorong-gorong yang sduah ada memang sudah ditungu oleh warga, karena gorong-gorong yang dulu volumenya kecil tidak dapat dilewati dengan mobil ukuran besar.

Selain Kepala Suku 04 Hadir Juga Ketua RT 02 BapakIsmoyo (Kaos orange) Dalam gotong royong.(dokumen desa.id – foto : badar).

Gorong-gorong yang dibangun merupakan jalan di jalur belakang. Merupakan jalan ekonomi yang menghubungkan jalan Poros ke jalan Kampung jalur dua. Sebenarnya gorong-gorong yang akan dibangun masih dapat digunakan, tetapi sudah layak diganti karena pondasi berupa batu bata sudah geripis.

Dengan dibangunya gorong-gorong warga RT 02 merasa senang, karena jalan yang akan dilewati tidak becek di waktu hujan, air lancar mengalir dan yang lebih utama adalah mengeluarkan hasil pertanian semakin lancar. Dengan lancarnya transportasi dapat menekan biaya ongkos angkut dan petani akan semakin sejahtera.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan