Kwt mekar tani kampung tridarma wirajaya berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau,bersih dan sehat

Pemanfaatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani "Mekar Tani" Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan bagi warganya. Upaya menigkatkan kesejahteraan dibergai bidang, diantara peningkatan kesejahteraan pertanian melalaui kelompok wanita tani seperti Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dimana sasaran yang ingin dicapai dari Model KRPL ini adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

Tujuan KWT Mekar Tani melalu KRPL adalah Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari. Meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan diperkotaan maupun perdesaan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat keluarga (toga), pemeliharaan ternak dan ikan, pengolahan hasil serta pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos. Mengembangkan sumber benih/bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan melakukan pelestarian tanaman pangan lokal untuk masa depan, dan Mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri.

Kebun Kelompok Yang Sudah Ditebar Bibit Kangkung. (dokumen desa.id – foto : badar).


Selain Bibit Kangkung Ditanam Juga Ditanam Gambas/Oyong (dokumen desa.id – foto : badar).

Dalam kegiatanya KWT Mekar Tani sampai dengan bulan Agustus 2018 dibagai menjadi beberapa bagian, yaitu Kebun kelompok, Pemanfaatan pekarangan anggota, peningkatan gizi keluaraga berupa kolam ikan lele. Pengolahan makanan dan kebun sekolah. Pengelohan kebun kelompok atau demplot sudah dilakukan penyebaran benih sayuran berupa kangkung dan daun bawang. Pekarangan anggota selain ditanam berbagai sayuran juga penanaman bibit terong di polibag. Untuk kolam ditebari benih ikan lele sudah berusia dua belas hari. Sedangkan untuk kebun sekolah ditanam terong.

Kegiatan lain yang belum maksimal dilaksanakan adalah pengolahan makanan ringan berasal dari bahan hasil pertanian seperti umbi-umbian. Pemanfaatan kebun sekolah dikarenakan kurangnya air. Selanjutnya kolam ikan lele milik anggota yang sebagaian belum dimanfaatkan kembali dikarenakan susah air.

Selain Tanaman Sayur-Sayuran KWT Mekar Tani Juga Memelihara Lele. (dokumen desa.id _ foto : badar).

Dengan adanya Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani membuktikan bahwa Kampung Tridarma Wirajaya selalu berusaha untuk mengajak semua lapisan masyarakat melalui ibu-ibu untuk memanfaatkan pekarangan, melakukan pelestarian tanaman pangan dan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluaraga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan