Hari kontrasepsi dunia jadikan momen pelayanan kontrasepsi kb gratis

Petugas KB dan Bidan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 Dalam Bhakti Sosial Hari Kontrasepsi Sedunia di Pustu Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : heri).

tridarmawirajaya.desa.id | Hari Kontrasepsi Dunia biasanya diperingati setiap tanggal 26 September, tetapi berbeda dengan petugas Keluarga Berencana (KB) se-Kecamtan Banjar Agung yang bekerja sama dengan Puskesmas Tulang Bawang 1. Walaupun bukan tanggal 26 September, peringatan hari kontrasepsi tetap dilaksanakan. Peringtan ini dilaksanakan dengan pemasangan alat kontrasepsi berupa inpalnt secara gratis yang dilaksanakan di Pustu Kampung Tridarma Wirajaya.

Tidak seperti hari-hari sebelumnya, pada hari ini Rabu, 31/10/2018 di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung kelihatan ramai oleh ibu-bu. Baik ibu-ibu bidan dan ibu-bu rumah tangga yang berasal dari Kampung Tridarma Wirajaya dan Kampung tetangga. Ternyata keramaian itu dalam rangka Bhakti Sosial Hari Kontrasepsi sedunia.

Persiapan Alat Kontrasepsi Kb Oleh Petugas. (dokumen desa.id – foto : heri).

Dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia petugas Keluarga Berencana (KB) bekerjasa dengan puskesmas Tulang Bawang 1 dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Sekecamatan Banjar Agung mengadakan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi inplan/susuk kepada ibu-ibu secara gratis.

Acara dilaksanakan dalam memperingati hari kontrasepsi sedunia di bawah koordinator petugas KB Kecamatan Banjar Agung Sdr. Heri, terbilang sukses. Ada 40 ibu-ibu yang datang dan memasang alat kontrasepsi berupa inplant atau menggunakan metode Alat Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Ibu-ibu yang datang berasal dari Kampung Tridarma Wirajaya, Kampung Trimukti Jaya, Kampung Trimulya Jaya dan Kampung Moris Jaya.

Pemasangan Alat Kontrasepei KB berupa Inplant oleh Petugas. (dokumen desa.id – foto : heri).

Rencananya acara dibuka satu hari, tetapi dikarenakan peserta sudah tidak ada yang datang, maka acara ditutup pada pukul 14.30 WIB. Dengan acara ini diharapkan masyarakat tau dan mengerti bahwa ada hari kontrasepsi sedunia. Selain itu diharapkan dengan pemasangan alat kontrasepsi inplant dapat menekan atau mengatur jarak kelahiran. Dan yang terpenting adalah dapat hidup sehat dan sejahtera.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan