Pamsimas menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Bak Air Pamsimas Kampung Tridarma Wirajaya Sebagai Pemenuhan Air Minum Warga Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan. Dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGS (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Pembangunan Bak Air di Suku 02 (dokumen desa.id – foto : badar)

Kampung Tridarma Wirajaya dengan berbagai cara untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat, seperti pembangunan fasilitas transportasi berupa jalan onderlagh dan drainase,sarana olah raga berupa podium oleh raga dan lapangan voli. Begitu juga dengan pemenuhan kesejahteraan masyarakat berupa pemenuhan air minum beserta sanitasi.

Program ini berupa jawaban dari kebutuhan kekurangan air minum di Kampung Tridarma Wirajaya terutama di musim kemarau. Sudah banyak masyarakat yang memiliki sumur BOR tetapi masih belum berimbang dengan warga msyarakat yang memerlukan air. Untuk memenuhi kebutuhan air dan sanitasi, maka dibangunalah pamsimas yang terletak di suku 02 dan suku 03.

Spanduk Tentang Keberadaan Pembangunan Pamsimas. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Sesuai dengan tujuan pamsimas, maka akan dipasang pipanisasi disetiap rumah , terutama bagi keluarga yang kurang mampu. Sesuai dengan target akan memenuhi 300 Kepala keluarga kurang mampu yang tersebar di Kampung Tridarma Wirajaya. Sehingga air minum dapat diakses ke warga dan diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup bersihdan sehat.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan