Pembangunan draenase kampung tridarma wirajaya gunakan dana adk

Pembangunan Drainase Melalui Alokasi Dana Kampung Tahap 1 Sudah Dimulai (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Penggunaan Alokasi Dana Kampung yang biasa disebut dengan ADK sudah mulai di laksanakan. Pemanfaatan ADK di alokasikan untuk pembangunan draenase sepanjang 470 meter yang terbagi dalam tiga titik, ADK selain untuk bangunan fisik digunakan untuk dibagikan sebagai penghasilan tetap (siltap) perangkat Kampung.

Tiga titik yang dibangun drainase terletak di RT. 02 suku 03 sepanjang 150 meter. Titik kedua terletak di RT. 04 Suku 04 sepanjang 100 Meter dan sisanya titik ketiga terletak di Rt. 02 Suku 01 sepanjang 220 Meter. Rencananya pembangunan harus selesai di bulan November mengingat musim penghujan akan segera datang.

“Target dari pembangunan draenase sepanjang 470 Meter akan di segera di kebut pengerjaanya.” Sambut Ketua Pelaksana Kegiatan (TPK). Semua material berupa batu belah dan pasir sudah di siapkan. Hanya menunggu tukang dan pekerja yang masih menyelesaikan pekerjaan di kegiatan lainya.

Bahan Material Bangunan Drainase Lokasi RT. 02 Suku 03. (dokumen desa.id – foto : badar)

Untuk titik pertama sudah dimulai pengerjaanya dan telah rampung sepanjang 50 Meter sedangkan pada titik kedua dan ketiga baru material berupa batu belah dan pasir. Sebenarnya pada titik kedua akan segera dimulai tetapi terkendala tenaga kerja. Sulitnya tenaga kerja mempengaruhi cepat dan lambatnya pekerjaan. Hal ini disebabkan pengerjaan bangunan menggunakan tenaga kerja lokal dalam kampung,kebanyakan tenaga kerja masih repot persiapan tanam palawija dan sedang mengerjakan bangunan lainya.

“Rencananya pembangunan drainase akan berlanjut pada APBKam tahun berikutnya dengan mengutamakan titik yang sifatnya mendesak dan dirasakan oleh orang banyak terutama lingkungan keluarga kurang mampu, yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan Kampung. Sampai pada akhirnya lingkungan tempat tinggal sudah di draenase semua” Sambut kepala Kampung Tatang Hermansyah.

Papan Nama Pembangunan Drainase. (dokumen desa.id – foto : badar)

Program pembangunan drainase merupakan program pembanguan Kampung melalui anggaran alokasi dana Kampung yang sangat diharapkan oleh masyrakat. Sebab dengan drainase air mengalir lancar. Jalan tidak becek karena tergenang air. Lingkungan tampak rapih dan indah. Dan warga siap untuk merawatnya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan