Warga kampung tridarma wirajaya tetap utamakan gotong royong

Gotong Royong Menggali Dan Memasang Pondasi Rumah Bapak Suker Kepala Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumn desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Gotong royong adalah kerja sama antara sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama. Gotong Royong dapat juga diartikan prinsip kerja sama, saling membantu tanpa imbalan langsung yang diterimanya yang hasilnya untuk kepentingan bersama / kepentingan umum. Gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing.

Gotong royong merupakan ciri kepribadian bangsa indonesia. Budaya ini yang masih dirasakan dan dilakukan oleh warga Kampung Tridarma Wirajaya dalam melakukan kegiatan membangun rumah milik Bapak Suker kepala suku 04. Semangat gotong royong warga kampung Tridarma Wirajaya bukan saja dalam pembangunan rumah warga, tetapi dalam memelihara lingkungan tempat tinggalnya yang dilakukan setiap hari Jum’at yang biasa disebut “Gotong Royong Jum’at Bersih”.

Sebelum Pengerjaan Pondasi Diadakan Sarapan Bersama setelah memohon Doa untuk Keselamatan.(dokumen desa.id – foto : badar)

Dalam gotong royong membuat pondasi rumah bapak suker kepala suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya dilakukan oleh warga kampung RT. 02 dan suku 03. Pengerjaannya terdiri dari pemasangan blowplank, penggalian pondasi dan diteruskan dengan pemasangan pondasi. Semua dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sehingga pemasangan pondasi rumah selesai pada pukul 10.30 WIB.

Ukuran rumah yang dibangun milik pak suker berukuran 6 M X 9 M =54 meter persegi. Pondasi menggunakan batu belah. Pada umumnya gotong royong membuat rumah, serentak pada pemasangan pondasi dan pemasangan atap. selain itu ada juga yang bergotong royong, tetapi cukup perorangan yang menyumbangkan tenaga membantu pekerjaan.

Sebelum Penggalian Pondasi Dilakuan pemasangan Blowplank Terlebih Dahulu.(dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan semangat bergotong royong pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan. Oleh karena itu Kampung Tridarma Wirajaya selalu menjaga kebudayaan gotong royong. Melalui kegiatan yang yang bersifat pribadi atau umum. Gotong royong pribadi misalnya membuat rumah, membuat kandang ternak. Sedangkan gotong royong umum adalah kegiatan gotong royong di tempat umum, misalnya membersihkan rumput liar di bahu jalan, perkantoran bahkan di lingkungan masjid.Bahkan dalam pengerjaan pembangunan kampung selalu bergotong royong, karena ada swadya berupa tenaga kerja.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan