Gotong royong jum’at bersih budaya warga kampung tridarma wirajaya

Gotong Royong Warga dan Pemuda Dalam Persiapan Pembuatan Lapangan Voli di Lapangan Antrida. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya salah satu Kampung di wilayah Kecamatan Banjar Agung. Jaraknya 14 Km dari Kantor Camat Banjar Agung. di huni dari berbagai suku. Ada suku jawa, Madura, Sunda, dan suku lampung. Di bawah pemerintahan kepala Kampung Tatang Hermansyah hidup rukun dan damai. Saling membatu dan saling bergotong royong dalam melakukan kegiatan. Terutama kegiatan pembangunan di Kampung.

Gotong royong yang merupakan cita-cita luhur dan ciri khas Kabupaten Tulang Bawang merupakan slogan yang selalu di dengungkan oleh Ibu Winarti Bupati Tulang Bawang. Sebab dengan gotong royong semua pekerjaan akan ringan dan selesai. Gotong royong merupakan salah satu kekuatan yang ada di dalam Pancasila.

Gotong royong yang dilakukan oleh Kampung Tridarma dibagi berdasarkan wilayah tempat tinggal. Suku 01 Sepanjang jalan arah pasar menuju tugu dan lingkungan sekitar lapangan bola. Suku 02 arah dari pasar sepanjang jalan menuju tugu ditambah lingkugan masjid dan kantor kampung. Suku o3 Spanjang jalan dari perempatan SMKN menuju ke lapangan tobong FC dan lingkungan makam. Terakhir suku 04 sepanjang jalan dari perempatan SMKN menuju lapangan bola tobong Fc.

Warga dan Pemuda Gotong Royong Membersihkan Rumput Untuk Persiapan Lapangan Voly. (dokumen desa.id – foto : badar)

Untuk mewujudkan budaya kegiatan gotong royong, Kampung Tridarma Wirajaya setiap hari Jum’at sore mengadakan gotong royong membersihkan jalan dan fasilitas umum lainya. Seperti membersihkan halaman Masjid dan Bahu jalan dari rumput-rumput liar. Gotong royong hari ini diikuti oleh warga suku 01 RT. 02, 03 dan 04.

Lokasi gotong royong pada hari ini, Jum’at, 12/10/2018 halaman kantor, halaman Masjid Al-Falah, bahu jalan seputar lapangan bola dan Membersihkan rumput untuk lapangan bola voly. Untuk halaman kantor dan masjid warga suku 02, sedangkan untuk bahu jalan dan persiapan lapanga voly warga suku 01 dan pemuda.

Bahu Jalan Hasil Gotong Royong Oleh Warga Suku 01 RT 04.(dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan gotong royong jum’at bersih Kampung kelihatan bersih dan rapih. Nyaman dan indah dipandang mata. Bebas dari penyakit terutama demam berdarah, karena tidak ada tempat untuk sarang nyamuk. Dan budaya itu sudah menjadi kebiasan pola hidup teruama ibu-ibu rumah tangga.

Banyak manfaat yang diperoleh dari warga. Terutama dapat bertemu dengan teman dan tetangga, karena kesibukan masing-masing. Keceriaan dan canda gurau karena sudah lama tidak saling bertemu. Pada intinya selalu menjaga kebersamaan sehingga kerukunan dapat terjaga.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan