Kecamatan rawa jitu timur adakan pelatihan sideka

Sambutan Camat Rawa Jitu Timur (RJT) (berdiri tengah). Samping Kanan Dana Putra Yuda, Samping Kiri Kapolsek RJT. Dalam Rangka Pelatihan Sideka(dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kamis, 11/10/2018. | Kecamatan Rawa Jitu Timur (RJT) adakan pelatihan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka). Latihan bertempat di Aula Kantor Camat RJT di ikuti oleh delapan Kampung dimulai pukul 08.30 WIB dan rencanaya akan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Pelatihan dihadiri oleh Camat RJT, Kapolsek dan Danramil RJT, Kepala Kampung, Masing – masing kampung mengutus tiga orang perserta terdiri dari Juru Tulis Kampung, Kasi Pemerintahan dan Operator Kampung. Dengan tujuan supaya kampung memiliki data yang akurat transparan dan akuntabilitas.

Acara pelatihan Sideka disambut dengan gembira oleh Bapak Camat Rawa Jitu Timur (RJT). Dalam sambutanya Bapak Camat RJT H. Ahmad,M.pd mengajak kepala Kampung dan peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, karena pelatihan Sideka ini berbeda dengan pelatihan yang lain. Dijelaskan pula bahwa sideka yang merupakan sistim informasi desa dan kawasan diharapkan desa atau kampung mampu untuk mengelola data yang baik yang merupakan data milik kampung.

Peserta pelatihan Sideka di Kecamatan Rawa Jitu Timur. (dokumen desa.id – foto : badar)

Peserta pelatihan yang terdiri dari Kmapung Bumi Santosa, Bumi Dipasena Utama, Bumi Depasena Agung, Bumi Dipasena Jaya, Bumi Dipasena Mulya, Bumi Dipasena Makmur, Bumi Dipasena Sejahtera dan Bumi Dipasena Abadi. Bukan yang pertama kalinya, tetapi pelatihan ini sudah yang keempat kalinya yang diadakan di aula Kecamatan , dan yang terakhir adalah pelatihan Sideka.

Kampung harus memiliki data yang benar-benar valid. Yang dapat disajikan dengan tepat dan akurat. Karena Kampung harus benar-benar berdaulat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014. Sehingga pada saat tetentu jika kita memerlukan data tidak mengalami kesulitan dan tidak dikira-kira demikian yang disampaikan oleh Camat RJT, Bapak H. Ahmad, M.Pd. dalam sambutanya.

Kapolsek RJT (Tengah) Sedang memberikan Sambutan sekaligus membuka Latihan.(dokumen desa.id – foto : badar)

Dilanjutkan oleh Kapolsek RJT Bapak Agus, Kepala Kampung dan Polsek RJT harus kerja sama demi keamanan dan ketentraman. Kampun harus memiliki data penduduk, data keuangan dan peta sendiri yang tertuang dalam sideka. Sehingga kita tidak akan kebinungan masalah kependuukan dan keuangan kampung. Terutama dalam pengelolaan keuangan Dana Desa. Silahkan jalankan sesuai dengan hasil musyawarah yang dituangkan dalam RAPBKam.

Harapan yang akan dicapai oleh kampung adalah kedaulatan kampung yang merupakan kesatuan hukum. Kampung memiliki data yang tepat dan akurat. Karena semua yang berada dalam kampung adalah milik kampung. Dan pelatihan ke depan dapat berlanjut dengan waktu yang cukup lama ( beberapa hari ).sehingga pelatihan dapat langsung di aplikasikan dalam sideka di kampung masing-masing.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan