disambut gembira rastra kampung tridarma wirajaya

Armada trasnportasi Rastra dari Bulog Kabupaten Tulang Bawang Telah Sampai di Kampung Tridarma Wirajaya untuk mendistribusikan beras rastra bulan Oktober, November dan Desember 2018. (dokumen desa.id- foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Rabu,10/10/2018. Rastra adalah program Pemerintah Pusat yang bersifat Nasional, yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan. Program ini membutuhkan data yang sangat Valid, agar bantuan mencapai tepat sasaran. Untuk mendapatkan data yang valid tersebut diperlukan Validasi dan Verifikasi data. Dalam Buku Pedoman bantuan Beras Rastra untuk mencapai hal ini dilakukan dengan Musyawarah Desa yang fungsinya untuk memilih dan menetapkan Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) yang tepat.

Seperti biasanya penurunan beras rastra dari dalam mobil dan penataanya dilakukan oleh aparatur kampung Tridarma wirajaya bahkan BPK turun membantu. Hal ini dilakukan secara bergotong royong. Mengingat rastra adalah beras yang dibagikan kepada keluarga yang kurang mampu.

Cukup Kepala seksi Kesejahteraan Kusnanadar memberitahukan kepada Kepala Suku kemudian Kepala Suku memerintahkan ketua RT untuk menurunkan rastra. Kebiasaan itu sudah biasa dilakukan, sehingga rastra yang turun di balai kampung tidak mengalami penundaan.

Penurunan Beras Rastra Kampung Tridarma Wirajaya.(dokumen desa.id- foto : badar)

Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang baru saja menerima beras rastra yang disalurkan dari bulog Kabupaten Tulang Bawang. Diterima langsung oleh PSM dan Kepala Urusan Kesejahteraan Kampung Tridarma Wirajaya. Langsung di turunkan di balai Kampung Tridarma Wirajaya yang dibantu oleh Kepala suku 01,04 dan ketua RT.

Beras yang diterima sejumlah 378 sak, 3.780 Kg yang akan didistribusukan kepada penerima manfaat sebanyak 126 Kepala Keluarga. Setiap Kepala Kelurga akan menerima tiga sak berisikan masing – masing 10 Kg, jadi jumlah yang diterimakan sebanyak 30 Kg/KK.

Penataan Rastra di Balai Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : badar).

Beras yang diterimakan pada bulan Oktober 2018 merupakan pendistribuan ratra yang terakhir di tahun 2018 untuk Kampung Tridarma Wirajaya. Dikatakan terakhir karena rastra bulan November dan Desember sudah di distribusikan sekaligus. Jadi penerima manfaat nantinya akan mendapatkan rastra bulan Oktober, November dan Desember dengan jumlah tiga sak.

Gotong Royong Penyusuanan Rastra Kampung Tridarma Wirajaya.(dokumen desa.id – foto : badar).

 

Rencanya beras rastra akan didistribusikan kepada penerima manfaat sore hari, hari ini juga (Rabu,10/10/2018) dibalai kampung Tridarma Wirajaya. Hal ini dilakukan supaya cepat sampai kepada yang berhak menerima, tidak terlalu lama tersimpan di balai kampung. Sehingganya beras cepat dimanfaatkan.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan