Kelompok wanita tani (kwt) adakan rapat rutin bulanan

Rapat Rutin Kelompok Wanita TAni "Mekar Tani" Kampung Tridarma Wirajaya Dalam Persiapan Menyambut Musim Penghujan (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kelompok Wanita Tani (KWT) “Mekar tani” mengadakan rapat rutin bulanan. Rapat bertempat di rumah ketua Kelompok, Jamilatun. Hadir dalam rapat,pengurus dan anggota kelompok. Rapat bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, merencanakan kegiatan yang akan datang dan melaporkan keuangan kelompok.

Agenda rapat yang dibahas adalah evaluasi kegiatan bulan lalu dan rencana kerja di bulan yang akan datang. Kegiatan mencakup kegiatan kelompok dan kegiatan anggota. Untuk kegiatan kelompok pembenahan pagar berupa waring, persiapan lahan, dan jenis sayuran yang akan di tanam di kebun demplot. Sedangkan untuk kebun anggota persiapan lahan tanaman berupa pot dan kolam ikan.

Selain kegiatan demplot, ada kegiatan untuk pengelohan bahan baku yang merupakan hasil kebun untuk dijadikan bahan makanan. Sebagai peningkatan pendapatan kelompok. Dan kegiatan ini diagendakan untuk satu bulan satu kali.

Ketua Kelompok Wanita Tani Jamilatun Sedang Menyampaikan Materi (Dokumen desa.id – foto : badar)

Disampiakan oleh ketua, mengingat waktu turun hujan akan tiba, maka semua yang berkaitan dengan kegiatan kelompok dan masing-masing anggota segera dipersiapkan. Menginventarisir kebutuhan dan peralatan kelompok. Kebutuhan yang paling utama adalah benih serta pupuk kompos. Yang akan digunakan di kebun kelompok atau perorangan. Disamping itu juga disediakan bibit ikan lele yang akan di tabur di kolam kelompok dan anggota.

Untuk sementara kegiatan kelompok di kebun demplot dan kegiatan anggota belum maksimal, dikarenakan air yang harus berbagi. Termasuk kebun sayuran di sekolahan. Oleh karena itu menjelang musim penghujan semua kegiatan harus direncanakan.

Suasana Dalam Rapat KWT Mekar Tani. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani, merupakan satu-satunya kelompok wanita tani yang ada di Kampung Tridarma Wirajaya. Oleh karena itu harus menjadi satu kekuatan dalam bidang pertanian untuk memnuhi kebutuhan akan sayuran dan gizi khusunya anggota dan warga lingkungan kelompok.

Selain membahas persiapan tanam menjelang musim penghujan, dibahas perkembangan keuangan kelompok dari hasil penen sayuran. Disampaikan oleh bendahara kelompok bahwa keuangan kelompok sampai bulan ini masih surplus. Keuangan berasal dari hasil kebun sisa dari komsumsi. Uang Kas tersebut yang akan digunakan untuk belanja benih dan peralatan lainya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan