Pegawai penyuluh, gapoktan, poktan dan petani harus berprestasi

Peserta Petani (batik) Sedang Wawancara Dengan Tim Penilai (Ibu Titin) dari Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Bawang Untuk Petani Berprestasi. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Jum’at, 05/10/2018. Dalam rangka meningkatkan prestasi pelaku dalam bidang pertanian,maka Dinas pertanian Kabupaten Tulang Bawang melalui tim penilia yang dipimpin oleh H. Himam Safe’i mengadakan penilaian terhadap penyuluh, Gapoktan, Poktan dan petani diKantor Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Banjar Baru, Rabu, 03/10/2018.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang bertujuan untuk memilih penyuluh lapangan (PPL)yang berprestasi, Gabungna Kelompok Tani (gapoktan) berprestasi, Kelompok Tani (Poktan) berprestasi dan petani berprestasi di wilayah kabupaten Tulang Bawang untuk Tahun 2019.Peseta berasal dari perwakilan Kecamatan Menggala Timur, Kecamatan Banjar Baru, Kecamatan Banjar Agung dan Kecamatan Banjar Margo.

Gapoktan Sri Lestari Ikhwan (topi) Sedang Menjawab Pertanyaan dari Tim Penilai.(dokumen desa.id – foto : badar)

Materi yang dinilai adalah Kelengkapan administrasi untuk gapoktan dan poktan sedangkan untuk petani kelengkapan administrasi berupa rencana usaha dan teknologi yang digunakan dalam usaha tani. Dari empat Kecamatan yang mengikuti penilian diharapkan ada yang mewakili Kabupaten Tulang Bawang di tingkat Provinsi bahkan sampai tingkat pusat.

Tim penilai dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama dipimpin oleh Ibu Mery yang akan menilai Penyuluh lapangan. Tim kedua dipimpin oleh H. Bambang menilai Gapoktan. Tim ketiga dipimpin oleh Ibu Dewi Yulinawati menilai Kelompok Tani dan yang keempat dipimpin oleh Ibu Titin menilai petani. Untuk BPP Kecamatan Banjar Agung Penyuluh lapangan diwakili oleh Ria, Gapoktan diwakili oleh Gapoktan Sri Lestari Iwan. Kelompok Tani Kayra Baru Mulyono, dan untuk petani diwakili oleh Badar

Mulyono (kopiah putih) Sedang Mengisi Formulir Pertanyaan Yang diberikan Oleh Tim Penialai.(dokumen desa.id – foto : badar).

Dengan penilian yang diadakan oleh Dinas pertanian Kabupaen Tulang Bawang diharapkan mampu meningkatkan prestasi dalam bidang pertanian, khusunya bidang administrasi. Penyuluh bukan saja aktif di lapangan, tetapi aktif juga dalam administrasi dan pelaporan. Gapoktan bukan saja bagus dalam usaha pertanian tetapi harus bagus dan lengkap dalam pembukuan. Kelompok Tani bukan saja aktif dan bagus dalam pengolahan pertanian, maka harus bagus dalam admiistrasi pembukan. Begitu juga pelaku pertanian selain pandai mengolah lahan dan berbudidaya pertanian makaharus mengusai tekhnologi pertanian. Dan diharapkan penyuluh, gapoktan,poktan dan petani yang mengikuti penilian dapat mewakili kabupaten Tulang Bawang dapatmengukir prestasi di Provinsi dan di pusat.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan