Kegiatan kwt mekar tani bulan september 2018 kampung tridarma wirajaya

Kebun Demplot Milik KWT Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya Siap di Panen (dokumen desa.id -foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id |Sasaran yang ingin dicapai oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Sebagaimana yangtertuag dalam konsep kawasan rumah pangan lestari tidak sekedar pemanfaatan lahan pekarangan saja, namun termasuk konsep kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber pangan lokal, pelestarian sumber daya genetik pangan dan kebun bibit.

Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu anggota dan pengurus KWT Mekar Tani dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah-buahan, sayuran dan tanaman obat keluarga (toga). Kedua untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat secara lestari dalam suatu kawasan. Dan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri.

Kelompok Wanita Tani Mekar Tani Panen Kangkung. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Seperti halnya kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, bulan September 2018 masih seperti di bulan Agustus 2018. Kegiatan secara kelompok masih dalam persiapan lahan untuk ditebar bibit sayuran dan panen.

Menurut Jamilatun ketua KWT Mekar Tani kegiatan kelompok di kebun demplot memang dibuat berbeda. Perbedaan ini dalukan karena supaya waktu panen tidak sama. Pengaruhnya harga jual sayuran tetap terjaga. Artinya tidak murah karena panen yang melimpah.

Di Samping Panen Kangkung KWT Mekar Tani Panen Terong(dokumendesa.id – foto : badar).

Jenis tanaman sayuran yang dipanen beragam dari terong, bayam dan kangkung. Terong sudah dipanen begitu juga kangkung dan bayam. Selain itu ada juga yang baru menebar benih kangkung. Dan persiapan lahan. Hal ini dilakukanuntuk mengatur siklus hasil penen tetap berkelanjutan.

Jadi kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani di bulan September 2018 adalah persiapan lahan, menabur benih dan panen. Hasil panen dikumsumsi anggota dan sisanya dijual di warung terdekat. Dimana hasil penjualan di kumpulkan untuk kepentingan kelompok dan kas kelompok.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan