Posyandu dahlia adakan imunisasi bagi anak-anak balita

Kegiatan Posyandu Kampung Tridarma Wirajaya Bulan September 2018 di Gedung Posyandu Dahlia. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Posyandu merupakan forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat, dari oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan tehnis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian norma keluarga kecil bahagia sejahtera.

Ibu-Ibu Mendaftar di Meja 1 Pada Kegiatan Posyandu Dahlia (dokumen desa.id – foto : badar).

Tujuan diadakan posyandu adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera, Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi, meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat.

Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang telah mengadakan Pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi anak dibawah lima tahun. Kegitan posyandu dilakukan di gedung posyandu Dahlia Suku 01. Rabu, 12/09/2018. Hadir dalam posyandu petugas kesehatan dari puskesmas Tulang Bawang dibantu oleh kader-kader kesehatan desa.

Kegiatan Penimbangan pada Posyandu Dahlia.(dokumen desa.id – foto : badar)

Kegiatan Posyandu pada bulan ini di fokuskan kepada penimbangan bayi, pemeriksaan kesehatan pada bayi, pemberian imunisasi campak, imunisassi Measles Murbella. dan pemberikan makakanan sehat. Dengan Posyandu yang dilakukan secara rutin pada setiap bulanya diharapkan menurunkan kematian pada bayi, meningkatkan kesehatan pada bayi dan terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan