Sosialisasi bursa inovasi desa tahun anggaran 2018

Tim PID Kecamatan Banjar Agung Bersama Perangkat Kampung, Tokoh Masyarakat, BPK sedang Mengadakan Sosialisai Tentang Bursa Inovasi Desa TA. 2018. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridrmawirajaya.desa.id | Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

Melalui Program Inovasi Desa (PID) diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Tim PID Sedang Bersosialisasi dengan Aparatur Kampung (dokumen desa.id – foto : badar)

Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamtan Banjar Agung telah diadakan sosialisasi Bursa Inovasi desa Tahun 2018 oleh Tim PPID Kecamatan Banja rAgung. Tim PPID yang diketuai oleh A Khairul Fahmi dan Anggota sebnayak empat orang. Sosialisasi berdasarkan surat Sekda Kabupaten Tulang Bawang, maka Tim PID Kecamatan mengadakan sosialisasi dalam rangka mendorong kampung untuk berinovasi dengan menggali dan mengembangakan potensi sumberdaya manusia . Selain itu agar kampung mengambil langkah yang harus dikerjakan oleh kampung dalam menghadapi bursa inovasi desa.

Dijelaskan oleh Fahmi tentang langkah-lagkah yang diambil oleh Kampung dalam mengikuti bursa Inovasi desa yang akan dilaksnakan pada tangggal 18/09/2018 di gedung islamic center Kabupaten Tulagg Bawang .Dijelaskan tiga daftar menu bursa inovasi desa tahun 2018. Bursa A bidang infrastruktur , berisi tujuh point. Buras B bidang sumber daya manusia beriri empat belas point. Bursa C bidang ekonomi lokal dan kewirausahaan berirsi dua puluh tiga point.

Tim PID Kecamatan Banjar Agung Sedang Memberikan Penjelasan Tentang Bursa Inovasi (dukomen desa.id – foto : badar)

Dari tiga bursa A,B dan C berisikan tiga kegiatan. Setiap kampung untuk harus memilih beberapa parameter yang tertulis di bursa inovasi. Inovasi yang dipilih harus sesuai dengan situasi dan kebutuhan kampung. Setelah kampung memilih, maka harus dituliskan di kartu ide inovasi. yang ditanda tangani oleh Kepala Kampung dan Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPD).

Sesuai dengan , adanya bursa inovasi Kampung dapat dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Sehingga dengan PID kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan