Arisan Aparatur Kampung sebagai wadah mempererat silaturahmi

Arisan Apartur Kampung Tridarma Wirajaya Dalam Rangka Mempererat Silaturrahmi. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka meningkatkan kinerja dan silaturahmi Aparatur Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, banyak hal yang dilakukan. Diantaranya berkumpul bersama aparatur Kampung yang dilakukan setiap bulan awal minggu pertama. Berkumpulnya aparatur kamung bertujuan untuk saling memberikan informasi yang berkaitan dengan situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing.

Pesertanya adalah semua RT. Modin, Kepala Suku, Kaur sampai dengan Juru Tulis Kampung. berkumpul di satu tempat. Dalam pertemuan disampaikan situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing RT. Materi yang disampaikan dari keadaan penduduk, pertanian, peternakan serta keamanan. Kemudian didiskusikan oleh peserta dan dicari jalan keluarnya dari permasalahan yang ada.

Permasalahan yang sering di sampaiakn  dalam forum arisan kebanyakan masalah penyandang sosial. Terutama warga yang menderita sakit terutama warga yan berpenghasilan rendah. Maka dengan sigap perangkat kampung membahasnya untuk membantu biaya pengaobatan. Perangkat kampung dengan spontan mengumpulkan dana sukarela ke masyarakat, setelah kimpul diberikan kepada keluarga yang sakit.

Perangkat Kampung Tridarma Wirajaya Dalam Arisan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain berkumpul untuk bersilaturahmi disertai juga dengan arisan oleh peserta. Arisan yang terkumpul tidak terlalu banyak, sebagai penyemangat saja. Besarnya arisan Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per orang. Bagi yang mendapatkan arisan , maka bulan depan berketempatan, begitu seterusnya.

Terkadang dalam pertemuan dihadiri oleh camat Banjar Agung, Sudirman,SH yang ikut memberikan saran dan motivasi. Bahkan menyebutkan hanya di Kampung Tridarma Wirajaya dalam lingkup Kecamtan Bajar Agung, acara seperti ini masih bertahan. Sebab dengan acar seperti ini lebih tersa kekeluargaanya dan rasa semangat bergotong royong.

Suasana arisan Aparatur Kampung di tempat Sepriyanto Maliki. (dokumen desa.id – foto : badar).

Selain Camat Banjar  Agung hadir juga Babinkantibmas Kampung Tridarma Wirajaya dari Polri dan TNI. Mereka memberikan apresianya, bahwa dengna berkumpul akan memberikan pertukaran informasi situasi dan kondisi kampung dengan cepat dan akurat.  Disamping untuk mempererat tali silutarahmi antar aparat.

Dengan berkumpulnya aparaur kampung Tridarma diharapkan lebih mempererat tali silaturahmi. Saling memberikan informasi situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing. Sehingga dengan cepat setiap ada masalah didiskusikan dan diambil tindakan, terutama peristiwa yang sangat mendesak. Dan ini sudah berjalan cukup lama sejak dilantiknya kepala Kampung Tridarma Wirajaya tahun 2013.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan