Gleder jalan ekonomi sudah dimulai

Kepala Kampung Ikut serta dalam Perbaikan jalan produksi Pertanian yang Berlokasi di suku 01 (dokumen desa.id -foto : tatang)

tridrmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya,Kecamatan Banjar Agung, benar-benar mulai serius dalam menangani jalan ekonomi peladangan yang menghubungkan lahan pertanian dan kampung. Rencana jalan yang telah didoser pda bulan agustus sekarang ditindak lanjuti dengan pengglederan. Yang bertujuan untuk memperhalus jalan dan siring jalan sehingga jalan menjadi rata dan air semakin lancar.

Pembangunan sarana berupa jalan produksi merupakan pembanguan lanjutan dari tahap pertama yaitu pendoseran berupa pelebaran jalan yang dilaksanakan pada bulan agustus 2018. Tahap kedua ini berupa penyekrapan dan  penglederan untuk meratakan jalan yang telah di doser.

Penyekrapan jalan yang telah didoser untuk perapihan dan penghalusan jalan yang sekaligus pembentukan siring jalan. Sehingga air akan semakin lancar jika dimusim hujan, jalan menjadi lurus. Dengan demikian penguna jalan khususnya petani akan semakin nyaman.

Perbaikan Jalan Produksi pertanian (dokumen desa.id – foto : badar)

Pengglederan jalan dimulai hari Jum’at, 07/09/2018. Lokasi jalan ladang suku 01 sepanjang 2,5 Km. selanjutnya jalan peladangan suku 04 sepanjang 1,5 Km. Semua jalan yang digeleder merupakan lanjutan dari jalan yang telah didoser pada bulan Agustus 2018.

Dana untuk pengerjaan jalan produksi bersumber dari alokasi dana desa dan swadaya masyarakat. Besarnya dana yang disumbangkan oleh masyarakat di sekitar jalan yang digleder sebesar Rp 60.000,- (enam puluh ribu rupiah) per Hektar. Dan besarnya upah yang dibayarkan untuk pengglederan adalah Rp 650.000,- (enam ratus lima puluh ribu ) per Jam.

Kepala Kampung Ikut serta dalam Perbaikan jalan produksi (dokumen desa.id -foto : badar)

Diharapkan dengan jalan ekonomi yang bagus petani akan semakin mudah untuk mengeluarkan hasil panenya. Dengan demikian dapat menekan biaya ongkos kendaraan. Jalan tidak becek dan efesian waktu.

(badar/tdw).

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan